20 Persen APBD Diperuntukan Ke Sektor Pendidikan

Oleh Takdir

18 January 2018 01:05 923 VIew

''Anggota DPRD Manokwari Ayu Bataray''

Manokwari- Mengingat pentingnya pendidikan demi kelangsungan generasi penerus bangsa, Pemerintah Kabupaten Manokwari, akan mengalokasikan 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 di sektor pendidikan.

"Sesuai aturan, nantinya APBD tidak semua dikucurkan melalui Dinas Pendidikan, namuan sesuai akumulatif jumlahnya mencapai 20 persen," ungkap Ketua Komisi A DPRD Manokwari Ayu Humairah Batarai, Rabu (17/1).

Politisi partai Gerindra ini, menyatakan untuk  menanggapi sejumlah program, akan dilaksanakan Dinas Pendidikan setempat, menyangkut program pembangunan rumah dinas guru, terutama guru yang tinggal di pelosok, dimana program tersebut sejalan dengan kondisi saat ini. "Sesuai hasil reses telah di jalankan, terkait ketersediaan rumah dinas masih menjadi kendala dalam program pendidikan, terutama  guru yang tinggal pelosok," tegasnya.

Nantinya akan terlihat dalam pembangunan dan peningkatan sarana prasarana pendidikan, akan berdampak pada kesejahteraan guru, sehingga program ini diharap mampu meningkatkan kedisiplinan para guru.

"Diharapkan kepada guru yang menempati tempat di wilayah perkampungan, agar betah dan nyaman mengajar,sehingga para guru tidak selalu menginginkan untuk meminta mutasi ke kota," katanya.

Disiplin para guru ditingkatkan, serta  pembagian peran antar guru honorer dan guru yang telah berstatus  PNS,  dijeaskan pembagian peran guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) dan guru honorer pun diperjelas agar tidak terkesan ada kesenjangan.

"Jangan sampai, guru honorer bekerja keras sementara guru PNS malah santai-santai, hal itu tidak boleh terjadi karena negara membayar gaji mereka secara rutin," kata Ayu.

Sektor kesehatan, pemerintah pun sudah mengalokasikan dana , bahkan tahun ini mengalami peningkatan sarana dan prasarana, termasuk tenaga medis.

Untuk kesehatan kendalanya bukan pada distribusi tenaga medis, melainkan mental mereka yang tidak mau melaksanakan tugas dengan baik.

Kedepannya politisi Gerindra ini berharap, pemerintah daerah mengurangi program perjalanan. Sebaliknya, peningkatan sumber daya manusia harus ditingkatkan.


Berita Terkait