Pasar Arowi II Manokwari Timur Terbengkalai  

Oleh Charles Maniani

22 January 2018 14:05 1054 VIew

''Kondisi pasar Arowi II terbengkalai''

Manokwari- Sungguh ironis, sejak dibangun tahun 2010 lalu, pasar tradisional di kampung Arowi II, Kelurahan Pasir Putih, Distrik Manokwari Timur, tidak difungsikan. Kini kondisi pasar itu mulai rusak karena tidak pernah mendapatkan perawatan.

Ketua RT 002 Kelurahan Manokwari Timur, Yeremias Puadi mengungkapkan, pasar tradisional ini dibangun oleh pemerintah kabupaten Manokwari, namun hingga kini belum diresmikan. "Karena belum diresmikan, masyarakat setempat enggan berjualan di pasar tersebut," tegasnya.

Berdasarkan pantauan arfaknews.com, bangunan pasar semakin memprihatinkan. Hal itu terlihat dari banyaknya rumput liar yang menghiasi hampir semua sisi bangunan. Tak hanya itu, bangunan pasar pun terlihat mulai rapuh dan terkesan jauh dari perawatan.

''Sudah hampir sembilan tahun hingga saat ini, pasar tersebut tidak difungsikan. Masyarakat tidak mau berdagang, karena belum diresmikan oleh pemerintah daerah sejak awal dibangun sampai saat ini,'' kata Yeremias prihatin.

Masyarakat setempat dan sekitarnya lebih memilih membangun lapak jualan di pinggiran jalan atau menjualkan dagangannya langsung ke pasar sentral ketimbang berjualan di pasar tersebut.

"Perlu ada perhatian pemerintah dalam melihat pasar desa yang belum diresmikan. Dengan adanya pasar desa ini, maka hasil laut dan hasil kebun dari masyarakat dapat diperjual belikan di pasar desa ini," tandasnya.


Berita Terkait