Inspektorat Teluk Bintuni Temukan Penyelewengan Dana Desa 2017

Oleh Wawan

23 January 2018 13:10 2157 VIew

''Ilustrasi kucuran dana desa dari pemerintah pusat''

Bintuni- Inspektorat Pengawasan Daerah Kabupaten Teluk Bintuni menyatakan telah melimpahkan berkas temuan hasil audit pengelolaan Dana Desa (Dandes) Kampung Warga Nusa II Distrik Kaitaro Kabupaten Teluk Bintuni Tahun Anggaran 2017 kepada Polres Teluk Bintuni.

Inspektur Pengawas Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, I Wayan Sidia Selasa (23/1) mengatakan, pihaknya telah melakukan audit pengelolaan Dana Desa terhadap beberapa Kampung, hasilnya, tim auditor menemukan adanya dugaan penyelewengan dana desa di Kampung Nusa II Kabupaten Teluk Bintuni.

Temuan hasil audit itu kata Sidia, diperoleh pihaknya setelah melakukan investigasi lapangan bersama Polres Teluk Bintuni di Kampung Warga Nusa II. temuan itupun telah dilimpahkan kepada pihak Polres Teluk Bintuni untuk diproses lebih lanjut secara hukum.

''Investigasi itu kami lakukan bersama Polres Teluk Bintuni. kami turun bersama-sama ke lapangan. saat ini sedang di proses secara hukum oleh Polres Teluk Bintuni,'' terang Sidia didampingi para auditornya di ruang kerjanya.

Kampung Warga Nusa II merupakan satu dari 1.743 kampung di Papua Barat dan 115 Kampung di Kabupaten Teluk Bintuni yang mendapatkan alokasi Dana Desa tahun 2017.

Berdasarkan data Dandes yang dihimpun Inspektorat Pengawas Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Tahun 2017 Kabupaten Teluk Bintuni mendapatkan kucuran Dandes sebesar Rp 82.850.830.000, dengan kucuran alokasi formula sebesar Rp 10.379.644.000, dimana rata-rata Dandes yang diperoleh per kampung sebesar Rp. 720.442.000.

Sidia berharap, pengelolaan Dandes tahun 2018 ini dapat dilaksanakan secara maksimal. Ia menyatakan melakukan pembinaan dan pendampingan kepada seluruh aparatur kampung di Kabupaten ini, agar tidak terjadi kesalahan yang sama dilakukan aparat kampung lainnya dalam pengelolaan Dandes.


Berita Terkait