Kepala BMKG Manokwari: Warga Jangan Panik Saat Gempa

Oleh Dessy Kumendong

23 January 2018 16:10 1704 VIew

''Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manokwari, Denny Putiray ''

Manokwari- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Manokwari, Denny Putiray mengakui, untuk wilayah Papua Barat di awal tahun 2018 ini telah diguncang gempa bumi sebanyak 10 kali. "Iya, berdasarkan catatan dan hasil pantauan kami di sini, untuk Januari dari tanggal satu hingga hari ini (23/1), telah terjadi gempa bumi sebanyak sepuluh kali meski dengan kekuatan kecil, " tuturnya ketika ditemui arfaknews.com di kantornya, Selasa (23/1).

Putiray menambahkan, aktivitas gempa bumi ini terjadi karena dipengaruhi tata letak suatu wilayah. "Karena letak kita berada di antara tiga lempeng, yakni lempeng Australia, lempeng Asia dan lempeng Pasifik dan ketiga lempeng ini selalu bergerak sehingga menimbulkan sering terjadinya gempa bumi," jelasnya lagi.

Putiray juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada, serta segera melalakukan pengecekan informasi gempa kepada pihak yang tepat seperti BMKG setempat bila terjadi gempa bumi.

"Kepada seluruh masyarakat, untuk menghadapi situasi gempa bumi, hal yang paling utama adalah jangan panik, karena kalau kita sudah panik otomatis tidak dapat berpikir untuk bertindak secara cepat dan tepat. Berikut adalah tetap waspada dan secepat mungkin mengecek informasi ke pihak yang tepat terkait gempa tersebut, baik kekuatan gempa, titik gempa dan potensi gempa tersebut, sehingga kita tetap aman," pungkasnya.


Berita Terkait