Bupati Manokwari : Dana Desa Bukan Untuk Kepentingan Pribadi

Oleh Dessy Kumendong

02 February 2018 17:03 1491 VIew

''Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan dan Wakil Bupati Edi Budoyo diarak masyarakat Kampung Kwau Distrik Warmare dalam prosesi adat tari tumbuk tanah''

Manokwari - Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan mengingatkan para kepala Kampung agar mengelola Dana Kampung secara baik untuk mensejahterakan masyarakat kampungnya.

Sebab pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian PDTT sejak Oktober 2017 lalu telah mengamanatkan pengawasan dana yang dikucurkan pemerintah ousat ini kepada Polri melalui Polsek dan Babinkamtias setempat.

''Kepada aparatur kampung agar penggunaan dana kampung dapat dikelola dengan baik dan wajib tepat waktu dan jangan menggunakan dana ini untuk kepentingan pribadi, karena dana ini diawasi oleh pihak kepolisian,'' jelasnya.

Hal itu diungkapkan Bupati Mandacan, saat meresmikan 10 unit rumah rakyat dan satu unit gedung balai Kampung di Kampung Kwau,Distrik Warmare, Jumat (2/2).

Pengelolan dana tersebut pesan Bupati Mandacan, agar digunakakan untuk mensejahterakan masyarakat kampung. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan pemerintahan yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pembangunan 10 unit rumah rakyat dan satu unit balai kampung menggunakan sharing Dana Kampung dan Dana Otsus. Dengan proses pembangunan dimulai sejak tahun 2016, yautu membangun lima unit rumah dan pada tahun 2017 dilanjutkan dengan membangun lima rumah serta satu unit balai kampung.

"Saya berharap aparatur kampung dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi, apalagi dengan telah diresmikannya balai kampung, maka wajib meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk memberi pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,'' harapnya.

Pantauan arfaknews.com, warga tampak antusias menyambut rombongan Bupati dan Wakil Bupati, serta Ketua dan anggota PKK Kabupaten Manokwari. Bupati dan rombongan diarak masyarakat dalam prosesi adat penjemputan tari tumbuk tanah yang merupakan tarian khas suku besar Arfak.


Berita Terkait