Kaya Akan Gas, Listrik Bintuni Masih Sering Mati

Oleh Wawan

04 February 2018 07:01 320 VIew

''Ilustrasi pemadaman listrik''

Bintuni- Kawasan Indonesia bagian Timur, menyimpan sejuta potensi yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Tepatnya kota Bintuni yang terletak di Papua Barat. Wilayah tersebut memiliki teluk yang sangat cantik dan kaya akan gas alam.

Meski ladang gas sudah dieksploitasi oleh LN Tangguh, nyatanya masyarakat Bintuni belum bisa merasakan layanan maksimal listrik dari PLN.

Pemadaman listrik pun masih terus terjadi di Bintuni. Manager PLN rayin Bintuni, Sapri mengatakan, pemadaman dilakukan karena tangki PLTD kehabisan stok BBM.

Sapri mengungkapkan, stok BBM dari transporter Manokwari yang dibutuhkan untuk penerangan Bintuni datang terlambat. Maka pemadaman listrik bergilir di Bintuni akan terus dilanjutkan.

Mengacu dari surat edaran yang dikeluarkan pihak PLN minggu lalu terkait pemadaman bergilir, tak hanya persoalan stol BBM yang menjadi kendala. Engine generator di LNG Tangguh pun mengalami kerusakan yang sampai saat ini masih terus diperbaiki.

Sapri juga menegaskan, bahwa ada gangguan kabel penghantar listrik di dalam tanah yang berlapis-lapis. Sehingga pihaknya akan terus berusaha memperbaiki dan mengevaluasi hal tersebut.

Pihak PLN memastikan penambahan waktu pemadaman bergilir terhitung mulai hari ini (4/2) pukul 07.00 s/d 17.00 WIT. "Pemadaman ini akan terus berlanjut sampai tibanya stok BBM atau gangguan telah teratasi," jelasnya.

Pemadaman ini berlaku di seluruh kabupaten Bintuni.Ironis memang, tapi itulah kenyataa yang sekarang dihadapi masyarakat di kota penghasil gas ini.

Berita Terkait