Diguyur Hujan, Festival Budaya Papua Barat Semakin Meriah

Oleh Charles Maniani

06 February 2018 13:03 1124 VIew

''Tarian Adat Perang Suku Kawanua, Sulawesi Utara, satu dari ratusan atraksi seni budaya yang ditampilkan dalam Festifal Budaya Provinsi Papua Barat, Selasa (6/2), di Manokwari''

Manokwari - Parade budaya memperingati hari budaya Provinsi Papua Barat, Selasa (6/1) diikuti ratusan kelompok parade dari seluruh suku Nusantara di Manokwari. meskipun diguyur hujan lebat, tidak menyurutkan semangat peserta memeriahkan parade kali ini.

Walaupun diguyur hujan deras, warna-warni atribut, ragam corak kostum adat, ragam musik tradisional hingga tarian tradisional ditampilkan sebagai wujud kebinekaan suku bangsa dalam satu bingkai semangat membangun Provinsi Papua Barat.

Pantauan arfaknews.com, meskipun hujan, antusiasme ribuan warga Manokwari memadati sisi jalan mulai dari titik start di kompleks Rumah Sakit dr. Azhar Zahir TNI Angkatan Laut Manokwari menyusuri jalan Yos Sudarso Sanggeng, jalan Merdeka hingga titik finish di lapangan Borarsi.

Maria salah satu warga yang rela bermadi hujan, mengungkapkan rasa bangganya atas kekayaan budaya dan semangat kerukunan antar suku-suku di Manokwari meskipun berasal dari ragam suku, agama dan budaya, namun suasana kekeluargaan tetap terjaga.

''Saya senang, saya bangga, saya terharu melihat semua suku bisa menampilkan seni budayanya, disini saya bisa belajar tentang kerukunan antara suku, adat istiadat, budaya, agama dan perbedaan usia, Itulah Manokwari, semuanya ada dimana-mana tapi tidak kemana-mana,'' tutupnya bangga.


Berita Terkait