Tahun 2018, Manokwari Targetkan Pajak Kontrakan/Kos Rp 1 Miliar

Oleh Dessy Kumendong

06 February 2018 16:02 1222 VIew

''Kepala Bapenda Kabupaten Manokwari Muhammad Irwanto, S.Hut''

Manokwari - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Manokwari, tahun 2018 ini mulai menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2011 tentang Pajak Daerah terhadap rumah kontrakan dan kost. Tahun ini Dispenda menargetkan PAD dari sektor pajak kontrakan dan kos-kosan sebesar rp 600 juta hingga Rp 1 miliar.

Kepala Bapenda Kabupaten Manokwari Muhamad Irwanto, menyatakan penarikan pajak rumah kontrakan dan kos-kosan sebagai bentuk implementasi Perda Nomor 4 Tahun 2011 dan surat edaran Bupati Manokwari tahun 2018 tentang penarikan pajak rumah kontrakan dan kos-kosan.

"Surat edaran sudah keluar Januari 2018, untuk mulai dilakukan penarikan pajak usaha rumah kontrakan maupun rumah kos, " kata Irwanto.

Irwanto mengutarakan, setiap wajib pajak rumah kontrakan dan kos akan dikenakan tarif pajak sebesar 10 persen. Ia pun meminta para wajib pajak agar membiasakan diri membayar pajak tepat waktu.

Data sementara yang dimiliki Dispenda lanjutnya, saat ini sedikitnya terdapat 2.162 rumah kontrakan dan kos-kosan di Manokwari. kemungkinan jumlah tersebut akan bertambah.

Penerapan pajak 10 persen kepada wajib pajak tambah Irwanto akan dihitung berdasarkan subjek pajak dan objek pajak, yang digolongkan dalam dua jenis pajak, yakni pajak netto dan pajak bruto.

"Penilaian tergantung jenis bangunan, jika bangunan seluruhnya permanen dan harga sewa atau kontrak per bulan mencapai satu juta atau lebih maka ini termasuk golongan pajak bruto, sedangkan kos yang bangunannya semi permanen dan harga kos perbulan dibawah satu juta maka dikenai tarif pajak neto," tambahnya.


Berita Terkait