Gubernur Dominggus Ingin Daerah Terisolir Jadi Perhatian Utama

Oleh Rizaldy

06 February 2018 19:02 1599 VIew

''Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan''

Manokwari - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menegaskan persoalan akses kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur di sejumlah kampung di daerah perbatasan antar Kabupaten dan Provinsi yang masih terisolir menjadi agenda penting Provinsi Papua Barat yang harus disikapi serius.

''Ini menjadi agenda penting Pemerintah Provinsi Papua Barat. ada beberapa kampung yang terletak di wilayah berbatasan masih terisolir, misalnya kampung Muri di Distrik Yamor Kabupaten Kaimana yang berbatasan juga dengan Teluk Wondama, mereka selama ini sulit dapat layanan kesehatan dan pendidikan,'' kata Dominggus, Selasa (6/2).

Selain Kampung Muri, Dominggus juga mengungkapkan terdapat kampung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kaimana dengan Timika Papua dan Kampung yang terletak diperbatasan kabupaten Teluk Wondama dengan Kabupaten Nabire Papua.

Kampung-kampung ini tutur Dominggus, umumnya sulit mendapatkan akses kesehatan dan pendidikan, karena sulitnya medan transportasi serta infrastruktur jalan yang belum sepenuhnya dapat dilalui kendaraan.

Ia mengakui telah bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat dari kampung-kampung yang tersebut, untuk mengagendakan kujungan dan peninjauan langsung ke semua kampung dimaksud.

Lanjut Dominggus, pada kunjungannya nanti, ia akan mengundang Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, OPD tekhnis diataranya Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial.

Kunjungan itu diagendakan Gubernur Mandacan setelah mendengar informasi terdapat warga di Kampung Muri Distrik Yamor Kabupaten Kaimana yang selama ini tidak tersentuh layanan kesehatan, bahkan anak-anak bayi, balita dan usia sekolah belum mendapatkan imunisasi campak.

Menyikapi kondisi itu, Dominggus telah memerintahkan seluruh ASN dilingkungan Pemprov Papua Barat agar mendonasikan pakaian layak pakai, peralatan rumah tangga, bahkan donasi sukarela berupa uang juga telah terkumpul dan siap didistribusikan.

Agenda itu juga, selain meninjau kondisi kesehatan warga, Pemprov Papua Barat bakal membuka layanan pengobatan gratis kepada semua warga kampung-kampung yang masih terisolir.


Berita Terkait