Jangan Ada Gizi Buruk Dan Campak di Papua Barat

Oleh Jams Aisoki

09 February 2018 07:01 143 VIew

''Kegiatan seminar Gizi buruk''

Manokwari- Pemerintah Daerah Papua Barat, melalui Dinas Kesehatan mengharapkan agar kejadian gizi buruk dan penyakit campak terjadi di Asmat, Papua, hingga menewaskan puluhan anak, agar kejadian tersebut tidak terjadi di Papua Barat.

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan Jumat (9/2) dalam seminar gizi nasional dengan tema, "Membangun Gizi Menuju Papua Barat Sehat Berprestasi" oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesi (Persagi) serta Organisasi Profesi lainnya dalam Rangka Hari Gizi Nasional ke 59 Tahun, mengingatkan para tenaga medis untuk melihat, mendengar, mengamati dan memerika secara intesif anak-anak di Papua Barat agar jangan terjadi kasus gizi buruk dan campak.

"Apabila indikasi adanya kasus campak atau gizi buruk, baik bidan, mantri, suster atau tenaga media secepatnya melaporkan ke Puskesmas, RSUD dan ke Dinas agar segera diatasi," kata Otto.

"Apabila terdapat kasus kejadian gizi buruk dan campak tersebut, pihak tertuduh bersalah adalah Persagi, perawat dan Bidan yang bertugas di lapangan, karena tidak cermat dalam menanggapi keluhan dan penyakit yang dialami masyarakat," ungkapnya.

Selain itu ketua panitia kegiatan Hari Gizi, Yonece Modou mengatakan, dalam Kegiatan seminar dimaksukan untuk penguatan Kapasitas Profesi Bidang dan Perawat dalam rangka meningkatkan profesionalisme dalam melayani masyarakat.

Berita Terkait