Bintuni Bakal Miliki Model Transportasi Laut

Oleh Wawan

15 February 2018 07:01 531 VIew

''Kepala Bidang Laut Dinas Perhubungan Teluk Bintuni Yan Ronald Manibuiy''

Bintuni - Guna menjangkau kebutuhan warga yang berada di pesisir pantai, Pemerintah Daerah Teluk Bintuni melalui Dinas Perhubungan (Dishub), bakal memiliki model transportasi baru yakni transportasi laut,

Seperti diungkapkan Kabid Laut Dishub Bintuni, Yan Ronald Manibuiy, Kamis (15/2) di ruang kerjanya, pihaknya di tahun 2018 bakal membuat model transportasi laut sebagai penghubung antar kota dan distrik yang berada di pesisir pantai, mengingat rute kapal perintis atau kapal penumpang menjadi alat transportasi menjangkau daerah distrik lain.

"Untuk rute model transportasi laut nantinya akan melayani rute, Sorong, Babo dan Bintuni maupun sebaliknya. Sedangkan untuk menjangkau distrik lainnya, penumpang atau masyarakat harus melanjutkan menggunakan perahu atau speed boat," kata Yan.

Pemda Teluk Bintuni telah memiliki 4 unit speed boat. Namun dari 4 speed boat, 2 diantaranya mengalami kerusakan, sehingga speed boat yang telah beroperasi hanya 2 speed. Meski keterbatasan transportasi laut, namun sudah bisa menjawab kebutuhan masyarakat dalam hal transportasi laut di kota Bintuni, untuk menuju ke sejumlah distrik yang berada di daerah pesisir pantai, maka dipandang perlu model transportasi umum berupa transportasi laut.

Ditambahkan Yan, pihaknya saat ini telah memiliki tenaga honorer dan motoris berjumlah lima orang. Selain itu pihaknya akan berupaya mencari mekanik khusus untuk speed boat bila terjadi kerusakan. "Meski masih terbatas diharapkan kedepannya akan lebih maju dan membenahi sejumlah kekurangan yang ada," kata Yan.

Sementara letak geografis kabupaten Teluk Bintuni di Papua Barat,  memiliki 24 Distrik, dimana dari 24 Distrik terdapat pula Distrik berada di sejumlah pulau,

Selain itu, di kota Bintuni, Pemda telah memiliki armada untuk mengangkut warga ke kota yakni Bus Angkutan Masyarakat Bintuni (AMB).

Berita Terkait