Empat Tahun Menderita Gizi Buruk, Petugas Pustu Malas Tahu

Oleh Charles Maniani

23 February 2018 07:01 563 VIew

''Ibunda Edward Mandacan Merlina Bebari saat menjaga putranya yang mengidap gizi buruk sejak 2015 lalu dan baru mendapatkan perawatan medis pada hari Selasa, 20 Februari 2018 lalu di RSUD Manokwari.''

Manokwari, Arfaknews.com - Miris, selama empat tahun bocah berusia lima tahun Eduard Mandacan lemah tak berdaya tanpa pelayanan medis. sejak menderita penyakit gizi buruk atau dalam istilah medis disebut kwashiorkor, Eduard hanya sekali mendapatkan perawatan medis pada tahun 2015 silam.

Ibunda Eduard Merlina Bebari, Jumat (23/2) mengungkapkan, penyakit gizi buruk yang diderita putranya itu sudah terjadi sejak 2015 lalu, namun baru mendapatkan tindakan medis setelah anaknya dibawah ke Puskesmas Amban untuk mendapatkan perawatan.

Ia menyesalkan sikap acuh petugas medis yang bertugas di Pusat Kesehatan Pembatu (Pustu) Kampung Pami yang sebenarnya telah mengetahui putranya menderita gizi buruk, namun tidak memberikan bantuan medis kepada putra kesayangannya.

"Pelayanan medis dari tahun 2015 saja tapi saya suda lupa tanggal juga. Ada Bidan Kampung, ada Kader Posyandu juga, tapi mereka tidak peduli dengan Dia (Edward)" ungkapnya.

Selama empat tahun, Edward terbaring lemah dengan kondisi fisik yang sangat memprihatinkan. Edward baru mendapatkan pelayanan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari, Selasa (20/2) lalu, setelah Merlin membawa Edward untuk mendapatkan perawatan medis di Puskesman Amban dan selanjutnya di rujuk ke RSUD Manokwari.

"Saya bawa ke puskesmas baru mereka tau kalau dia terkena penyakit gizi buruk. mereka ambil kotoran besar dan periksa namun dikatakan tidak ada penyakit, tetapi mereka melihat kondisinya langsung meseka rujuk ke rumah sakit (RSUD) ini,'' tuturnya haru.

Berita Terkait