Sampah Berserakan di Jalan, Jangan Hanya Salahkan Pemerintah

Oleh Putra Aryanto

24 February 2018 16:10 1321 VIew

''Tumpukan sampah di jalan Pasar Wosi''

Manokwari- Menumpuknya sampah di beberapa ruas jalan, dikarenakan volume sampah yang tidak dapat terkontrol. Tidak dapat dipungkiri dengan bertambahnya penduduk yang semakin meningkat, vokume sampah yang dihasilkan pun akan terus meningkat. Namun pengelolaan yang baik diharapkan, dapat mengurangi sampah yang dinilai oleh masyarakat sudah tidak terkontrol ini.

Berdasarkan pantauan arfaknews.com pada jalan di sekitar Pasar Wosi, tumpukan samoaj ini menjadikan bukti kepada khalayak umum bahwa pengelolan sampah di Manokwari memang belum maksimal.

Salah satu warga, Margareth, yang tinggal tidak jauh dari lokasi pembuangan merasa prihatin dengan kurangnya kesadaran warga dalam membuang sampah.

"Sebenarnya tempat pembuangan sampah kan sudah disediakan, baru kenapa sampai sekarang dong masih buang sampah di sini, apa lagi ini kan pinggir pantai to? Baru kalau masyarakat sekitar sakit atau terdampak negatif dengan buang sampah, siapa yang mau disalahkan," tutur dirinya dengan logat Papua.

Dirinya juga berpesan agar masyarakat tidak serta merta menyalahkan pemerintah. karena yang membuat Manokwari bersih dan kotornya merupakan kesadaran dan jati diri kita sendiri.


Berita Terkait