Kasus Gizi Buruk di Papua Barat, Tamparan Keras Buat Pemerintah Daerah

Oleh Jems Aisoki

26 February 2018 09:10 1562 VIew

''Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan''

Manokwari- Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan, mengutarakan kasus gizi buruk yang dialami oleh Eduard Mandacan di kampung Pami menjadi perhatian serius dinas terkait dalam menangani kasus gizi buruk di Provinsi Papua Barat.

"Pasien yang mengalami kasus gizi buruk itu rumahnya 100 meter dari rumah saya di Pami dan masih keluarga, namun selama ini kita tidak tahu bahwa ada warga di Pami yang menderita gizi buruk, namun melalui pemberitaan media, baru kami tahu kalau ada kasus gizi buruk di Pami," ungkap Gubernur.

Menurut Dominggus, terkadang lambatnya penanganan dan tindakan medis terhadap pasien karena masyarakat masih percaya kepada adat-istiadat, sehingga melakukan proses pembiaran dan tidak membawa pasien ke rumah sakit.

"Masyarakat ini masih percaya bahwa orang sakit diakibatkan oleh adat-istiadat dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat sehingga orang sakit selalu dihubungkan dengan adat-istiadat tersebut, terutama masyarakat Arfak. Padahal orang sakit itukan diakibatkan oleh bakteri atau kuman," jelasnya usai memimpin apel pagi di halaman kantor Gubernur Provinsi Papua Barat, Senin (26/2).

Selain itu, lambannya penanganan medis dan faktor pengetahuan dan ekonomi keluarga, menjadikan penderita tidak bisa ditangani segera. Oleh sebab itu, Dominggus berjanji akan melakukan kerja sama dengan BPJS agar pelayanan kesehatan di Provinsi Papua Barat lebih maksimal.


Berita Terkait