Polisi Tangkap Dua Pelaku Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

Oleh Jems Aisoki

27 February 2018 07:01 768 VIew

''Mobil tangki yang digunakan tersangka''

Manokwari- Tim Ditrekrimsus Polda Papua Barat berhasil mengmankan dua pelaku penyalagunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar bersubsidi di jalan Baru Esau Sesa, Senin (26/2) pukul 23.15 WIT.

Tim Ditrekrimsus Polda Papua Barat yang dipimpin langsung oleh Ipda F. Evo Kretes Woff, S.H, melakukan penangkapan terhadap tersangka Andi Musafir (46 Tahun) dan Jamaludin Lakis (45 tahun) di Jalan Taman Ria, usai membeli BBM bersusidi jenis Solar dari SPBU Jalan Taman Baru.

Berdasarkan informasi yang yang dihimpun oleh arfaknews.com, pada hari Rabu (24/2) anggota Ditreskrimsus telah melakukan pengintaian terhadap para tersangka yang diduga melakukan tindak pidana penyalahgunaan bahan bakar minyak bersubsidi, dengan cara menggunakan beberapa truk dan minibus yang dimodifikasi tankinya untuk membeli solar di SPBU selama beberapa kali dalam satu hari, kemudian dijual dengan harga normal ke perusahaan dan pengecer di sepanjang jalan baru Manokwari.

Senin (26/2) pukul 08:00 WIT, polisi melakukan penyelidikan di tempat penampungan BBM Solar hasil pembelian dari SPBU tersebut di rumah kontrakan di jalan baru Esausesa,tepatnya pertigaan arah kantor Bupati Manokwari. Setelah pengintaian selama tiga jam, truk menuju jalan Taman Ria Rendani selanjutnya masuk ke kantor PT. Pulmon.

Tim langsung melakukan penggerebekan, dan berhasil mengamankan BBM Solar berikut dua tersangka dan beberapa kendaraan yang dipakai untuk memgangkut BBM tersebut. Polisi mengamankan sejumlah barang bukti yakni 1 unit truk tangki berisi 5.000 liter Solar, 10 drum plastik warna biru berisi solar,  2 unit minibus, dan 1 bendel catatan pembelian solar di SPBU.

Para tersangka dan barang bukti sementara diamankan di Mapolda Papua Barat. Tersangka dikenakan pasal 55 UU No 22 Tahun 2001 Tentang Migas. Polisi masih melakukan penyelidikan lanjut.

Berita Terkait