KNPI PB Siapkan 600 Pemuda Nganggur Ikuti Kursus Keterampilan Kerja

Oleh James Aisoki

06 March 2018 07:01 589 VIew

''Sekretaris DPD KNPI Papua Barat Jemi Emratu Liunsanda bersama Bupati Manokwari Selatan Markus Waran''

Manokwari, arfaknews.com - Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD) KNPI Papua Barat bakal memfasilitasi 600 orang pemuda pengangguran di wilayah Manokwari dan Sorong untuk mengikuti kursus keterampilan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Papua Barat di Kota Sorong.

Sekretaris DPD KNPI Papua Barat Jemy Emratu Liunsanda mengatakan, kegiatan kursus keterampilan kerja bagi pemuda pengangguran ini merupakan program prioritas DPD KNPI Papua Barat untuk menekan tingginya angka penganguran terbuka di Papua Barat.

Kegiatan tersebut, jelasnya, juga sekaligus sebagai wujud partisipasi pembangunan pemuda dengan mempersiapkan calon tenaga kerja profesional untuk menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja, dan menciptakan calon interpreneur muda dalam mengelola potensi usaha di Provinsi ini.

''Ini merupakan program Prioritas DPD KNPI Papua Barat tahun 2018. kami telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan BLK untuk memberikan kursus kepada para pemuda pengangguran di Papua Barat,'' jelas Jemy melalui sambungan telepon, Selasa (6/3).

Ia merincikan, tahap pertama program ini akan diikuti oleh 600 orang pemuda pengangguran yang terdiri dari, 300 orang pemuda dari Manokwari dan 300 orang dari Sorong.

Dia mengutarakan, setelah menjalani kursus keterampilan kerja, para peserta akan mendapatkan sertifikat keterampilan kerja sesuai dengan spesifikasi keterampilan yang diikutinya.

Lanjut Jemy, DPD KNPI akan memberikan pendampingan usaha bagi pemuda yang telah mengikuti kursus dengan memberikan bantuan peralatan kerja sebagai stimulus usaha, dan memfasilitasi calon tenaga kerja untuk mendapatkan pekerjaan sesuai spesifikasi keterampilan kerjanya.

Berita Terkait