Puluhan Hektar Sawah di Bintuni Gagal Panen

Oleh Wawan Gunawan

06 March 2018 20:02 1340 VIew

''Ketua Kelompok Tani Jaya Makmur Kampung Banjar Asoy, SP 4, Distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni, Kasirin.''

Bintuni, arfaknews.com - Sekitar 10 hektar sawah milik kelompok tani Jaya Makmur, Kampung Banjar Asoy Satuan Permukiman (SP) 4 Distrik Manimeri, Kabupaten Teluk Bintuni gagal panen.

 

Ketua Kelompok Tani Jaya Makmur Kasirin, Selasa (6/3) mengungkapkan, penyebab sawah yang mulai digarap sejak 17 tahun silam ini, karena sawah mereka tidak mendapatkan aliran air irigasi. sawah yang digarap oleh 73 orang anggota kelompok tani ini sejak beberapa bulan ini mengering karena tidak ada pasokan air.

 

Menurut Kasirin, bila kondisi normal, dalam setahun sawah yang digarap kelompoknya ini bisa dipanen sebanyak tiga kali. namun tahun ini dipastikan padi sawahnya mengalami gagal panen. saat ini dia bersama kelompoknya hanya berjarap air hujan, namun itu belum cukup memenuhi.kebutuhan air untuk sawahnya.

 

Selain dihadapkan dengan kurangnya pasokan air, Kasirin juga mengungkapkan, sulitnya mememasarkan beras hasil panen petani. untuk itu Ia berharap Pemda Bintuni agar serius memberikan solusi atas kendala yang dihadapi.para petani.

 


Berita Terkait