Cegah Busung Lapar, Dinas Tanaman Pangan Bintuni Bentuk Karpel

Oleh Wawan Gunawan

07 March 2018 23:10 1136 VIew

''Kepala Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Teluk Bintuni Rauf Iribaram''

Bintuni, arfaknews.com - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Teluk Bintuni berencana membentuk Kawasan Rumah Pangan Lestari (Karpel) di empat Distrik yang dianggap rawan krisis pangan. pembentukan Karpel juga bertujuan untuk mencegah kasus busung lapar di daerah ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Teluk Bintuni Rauf Iribaram, Rabu (7/3) mengatakan, pencegahan kasus busung lapar dan kekuranga gizi menjadi prioritas program 2018.

Ia mengutarakan, tahun ini, pihaknya akan membentuk Karpel di empt Distrik, yakni Distrik Kaitaro, Tohiba, Biemes, dan Distrik Timbuni. empat Distrik ini masuk dalam kategori daerah rawan pangan di daerah ini.

Kawasan rumah pangan lestari ini akan dikelola oleh ibu-ibu kelompok tani dimasing-masing kampung di empat Distrik sasaran program. jenis pangan yang akan dikelola, mulai dari beras, ubi-ubian, sagu dan bahan pangan lainnya yang dapat dikelola menjadi bahan siap konsumsi.

''Kita akan kita bina ibu ibu kelompok Tani agar dapat mengelola bahan mentah menjadi bahan siap di konsumsi, karna bahan makanan ini bukan hanya beras saja, bisa ubi ubian, sagu, dan yang lainya, sehingga masyarakat tidak kekurangan pangan serta dapat berdampak pada gizi buruk, dan busung lapar,'' tuturnya.


Berita Terkait