Wajib E-KTP, Disdukcapil Teluk Bintuni Bakal Galakan Perekaman di 24 Distrik

Oleh Wawan Gunawan

08 March 2018 19:10 1735 VIew

''Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Teluk Bintuni Irwansyah Nasar''

Bintuni, arfaknews.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Teluk Bintuni, Tahun 2018 ini menargetkan seluruh penduduk memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Untuk mewujudkan targetnya, Disdukcapil bakal melakukan pendataan sekaligus perekaman E-KTP langsung di 24 Distrik di Kabupaten Itu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Teluk Bintuni Irwansyah Nasar, Kamis (8/3) mengatakan, Tahun ini Disdukcapil akan melakukan pendataan sekaligus perekaman E-KTP, Pemutakhiran Data Akte Kelahiran, dan Akte Kematian serta administrasi kependudukan lainnya.

''Kita akan mendatangi 24 Distrik se Kabupaten Teluk Bintuni untuk mendata sekaligus pembuatan di tempat e-KTP dan administrasi kependudukan lainya, agar mempermudah masyarakat didaerah pedesaan tidak jauh-jauh datang ke kota untuk mengurunya,'' kata Irwansyah di ruang kerjanya.

Sejalan dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang perubahan UU Nomor 23 Tahun 2006, telah mewajibkan seluruh penduduk yang telah memenuhi syarat memiliki KTP, Wajib memiliki KTP elektronik.

''Terkait e-KTP, wajib hukumnya dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia, seperti yang sudah di loncing oleh kemendagri di batam dengan tema "Gerakan Indonesia sadar Administrasi kependudukan''. jadi semuanya administrasi kependudukan telah digratiskan,'' imbuhnya.


Berita Terkait