Bintuni Ditunjuk Tuan Rumah Pameran Inovasi Publik 2018

Oleh Wawan

10 March 2018 07:01 742 VIew

''Lokasi Stand Pameran Inovasi di Teluk Bintuni ''

Bintuni arfaknews. Com –  Teluk  Bintuni ditunjuk sebagai pelaksana pameran inovasi public, selama 3 hari, terhitung  dari tanggal 15 - 17 Maret 2018. dimana kesiapan pemda Bintuni dalam pelaksanaan pameran sudah rampung  100% dengan tersedia  sebanyak 31 stand yang akan digunakan untuk tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

direncanakan pula Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan akan membuka langsung  pameran inovasi publik tingkat provinsi Papua Barat di Bintuni,  pada tanggal 15 Maret 2018.

Pemkab Teluk Bintuni, pertama kalinya menjadi tuan rumah inovasi publik tingkat provinsi ini, sebab Bintuni dinilai berhasil akan inovasi pelayanan publik di bidang transportasi darat yaitu Angkutan Masyarakat Bintuni (AMB) yang masuk Top 40 di tingkat nasional dan inovasi di bidang kesehatan dimana kabupaten Teluk Bintuni berhasil mengeliminasi malaria sehingga masuk Top 25 tingkat dunia, sehingga itulah pemkab bintuni di tunjuk untuk menjadi tuan rumah dalam pameran Inovasi,  Seperti dikatakan Pelaksana Teknis Persiapan Pameran Inovasi Publik Tingkat Provinsi Papua Barat, Julius Bandi, S.Sos yang juga sebagai  Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortal) Setda kabupaten Teluk Bintuni, ketika di temui  Sabtu (9/3).

 Dijelaskan kabupaten Teluk Bintuni diberikan penghargaan sebagai tuan rumah lomba inovasi publik tingkat provinsi disebabkan kabupaten Teluk Bintuni merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat yang saat ini paling menonjol di bidang inovasi publik.

Selain itu tanaman gedi dan sayur bayam bisa dikelola menjadi kerupuk. termasuk juga buah merah yang tahun lalu ikut dilombakan dalam inovasi publik tingkat nasional, karena ada kesalahan administrasi menyebabkan buah merah belum lolos. Sehingga dari pihak Kementrian PAN-RB meminta kalau bisa buah merah diikutkan kembali tahun ini untuk ikut lomba inovasi publik tingkat Nasional, ujarnya.

Bandi menyebutkan pihaknya juga bekerja sama dengan pihak Telkom Bintuni untuk memasang perangkat Wifi di lokasi pameran inovasi public, dimana saat pameran inovasi berlangsung, di jadwalkan di hadiri oleh Kementrian PAN-RB,  dimana  setelah mereka mengikuti lomba inovasi tingkat provinsi maka peserta yang ingin mengikuti tingkat nasional.

Dalam mengikuti pameran Inovai tingkat nasional, proposalnya  sudah dikirim ke pihak Kementrian PAN-RB dari lokasi pameran inovasi publik di Bintuni, dimana salah satu tim khusus dari provinsi, siap mananganinya.

Sementara  peserta pameran inovasi publik dari kabupaten/kota yang sudah memastikan untuk ikut sebanyak 7 kabupaten/kota. Bintuni ada 7 SKPD yang siap mengikuti pameran inovasi publik sementara dari provinsi Papua Barat ada 10 SKPD yang juga sudah memastikan diri untuk ikut pameran inovasi publik tersebut tegas Bandi.

Pada saat pameran inovasi publik berlangsung, kita akan bekerja sampai malam karena, pameran Inovasi ini akan langsung dibuka pendaftaran  untuk tingkat nasional, bagi peminat yang mau ikut lomba tingkat nasional.akan disiapkan genset khusus sehingga, pada saat pameran berlangsung tidak ada gangguan akibat terjadinya pemadaman listrik, tutup Bandi.

Berita Terkait