Sampah Ancam Kesehatan Warga Sekitar Pasar Wosi

Oleh Charles Maniani

20 March 2018 19:03 2168 VIew

''Tumpukan sampah di dekat Pasar Wosi. Timbulkan bau tak sedap dan bisa menjadi sumber penyakit.''

 

Manokwari, arfaknews.com – Sampah masih menjadi ‘musuh’ utama bagi warga Manokwari. Salah satu lokasi yang paling disoroti adalah kompleks Pasar Wosi. Penumpukan sampah di tempat ini sangat mengganggu aktivitas, baik pedagang maupun pembeli, termasuk warga di sekitarnya.

Impian Pemkab Manokwari untuk mewujudkan Program Menuju Nol Sampah Tahun 2020, rupanya belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Apalagi, beberapa tempat dalam kota Manokwari, masih menjadi lokasi gemarnya kumpulan sampah.

Selain itu, kesadaran warga Manokwari, juga masih minim soal sampah.Tak hanya mengganggu akibat menimbulkan bau tak sedap, namun sampah juga bisa menjadi jembatan bagi penyebaran penyakit.

Seorang warga di Kompleks Pasar Wosi, Aryanti, mengaku terganggu dengan tumpukan sampah tersebut. Apalagi, saat cuaca sedang panas sehingga memunculkan bau tak sedap dari tumpukan sampah.

“Aromanya sangat tidak sedap dan bisa saja menimbulkan penyakit bagi kami yang tinggal disini,” sebutnya kepada arfaknews.com, Selasa (20/3).

Bersama warga sekitar, ia mengaku tetap menjaga komitmen untuk tidak membuang sampah di lokasi itu. Pasalnya, tak hanya pemukiman tetapi ada pasar juga di dekat lokasi itu. 

Pembersihan sampah merupkan dambaan warga yang bermukim di sekitar Pasar Wosi. Jika demikian, tak boleh lagi ada oknum warga yang dengan sengaja mengotori tempat itu dengan sampah.

“Kalau lokasi itu sudah bersih, jangan ada lagi yang membuang sampah disitu. Mungkin lebih baik jika ada orang yang khusus menjaga tempat itu untuk mengantisipasi orang yang membuang sampah dengan sembarangan,” cetus Aryanti.

Lokasi ini berjarak hanya beberapa meter dari Pasar Wosi. Pemandangan tak sedap ini mudah ditemui saat orang lalu-lalang di jembatan. Bahkan hampir di sepanjang pesisir di pantai Wosi, terutama di depan pasar, sampah seakan menjadi akrab dengan lokasi itu.

 


Berita Terkait