Pantai Pasir Putih Berpotensi Dongkrak PAD Manokwari

Oleh James Aisoki

20 March 2018 17:03 3607 VIew

''Pantai wisata Pasir Putih, potensi besar untuk menambah PAD Manokwari ''

Manokwari, arfaknews.com - Manokwari dikenal memiliki berbagai objek wisata yang cukup potensial untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Baik itu potensi wisata alam (pantai), wisata bahari  maupun wisata religi (Pulau Mansinam dan Tugu Jepang).

       Sejumlah pantai yang tersebar di Manokwari, misalnya Pantai Pasir Putih, Abasi, Maruni, Amban, Anggrisi dan Nuni. Belum lagi ditambah flora dan fauna endemik yang berada di sekitar alam Manokwari.

       Sayangnya hingga kini keberadaan sejumlah objek wisata di daerah ini belum mampu menambah pemasukan bagi kas daerah. Meski demikian, upaya pemerintah daerah melalui instansi terakait untuk menambah PAD, tetap dilakukan.

Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran pada Dinas Parawisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, Daniel Boseren, mengaku sejumlah lokasi wisata di Manokwari, berpotensi menambah PAD bagi daerah.

Menurut dia, hanya wisata Pantai Pasir Putih yang sudah dikompenasi oleh peerintah daerah sejak Tahun 2006. Sejak saat itu, Pemkab Manokwari berhak mengelola lokasi wisata tersebut.

Sementara, lokasi potensi wisata yang lain, masih merupakan milik masyarakat dan dikelola secara swadaya.

       “Yang penting dalam hal ini adalah bagaimana

masyarakat sadar wisata dan mau menjaga serta mengolanya. Kenapa ?, agar sarana dan prasarana yang sudah dibangun pemerintah, dikelola dengan perilaku sadar wisata,” ujarnya kepada arfaknews.com, kemarin.

       Ia sangat yakin jika perilaku sadar wisata juga menjadi salah satu hal yang penting untuk menunjang lokasi wisata lain yang ada di Manokwari.

       Soal pantai wisata Pasir Putih, Daniel berharap ada investor yang tertatik untuk mengelola lokasi itu agar kedepan mampu menghasilkan income bagi daerah.

       Dirinya pun tak menampik jika pengelolaan pantai wisata Pasir Putih selama ini belum maksimal. Namun, dengan penanganan yang tepat dan dikelola secara profesional, hasilnya akan nampak bagi tambahan kas daerah.


Berita Terkait