Dishub Manokwari Siap Tindak Truk yang Bandel

Oleh Dessy Kumendong

20 March 2018 07:01 614 VIew

''Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari, Drs. Alberth Simatupang''

Manokwari, arfaknews.com – Truk pengangkut bahan material (pasir dan batu) serta kayu, diingatkan tetap menggunakan terpal penutup saat berada di jalan raya. Hal ini sesuai dengan Instruksi Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, yang dikeluarkan belum lama ini

       Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari, Drs. Alberth Simatupang, membenarkan instruksi tersebut harus ditaati semua supir truk pengangkut material. Jika tidak, akan ada penindakan yang dilakukan atas kerja sama dengan pihak kepolisian.

       “Kita dalam waktu dekat akan melakukan inspeksi di jalan raya, untuk melihat apakah para supir truk pengangkut bahan material ini mengikuti aturan atau tidak,” ujarnya kepada arfaknews.com, Selasa (20/3).

       Dikatakan, penindakan langsung di jalan raya tersebut merupakan lanjutan dari instruksi yang sudah dikeluarkan Bupati Manokwari sebelumnya.

Saat pelaksanaan nanti, Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari, bersama Satuan Unit Lalulintas Polres Manokwari, akan berada di jalan raya.

       Ia mengaku selama ini upaya sosialisasi sudah dilakukan secara berkala, baik melalui pembagian selebaran di jalan raya.

Tujuannya, mengingatkan sekaligus mengimbau para supir pengangkut bahan material serta kayu, agar tetap menggunakan terpal penutup.

       Simatupang mengaku waktu sosialisasi sudah cukup dan saatnya dilakukan penertiban bagi truk yang tidak melaksanakan instruksi yang dimaksud.

“Sudah waktunya kami melakukan penertiban langsung di lapangan,” tegasnya.

       Menurut dia, isntruksi ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya, terutama saat material tercecer dari truk.

“Tidak dipungkiri terjadi banyak kecelakaan lalu lintas akibat tumpukan-tumpukan material pasir atau pun batu di jalanan,” pungkasnya. 

Berita Terkait