Capai 1 Ton Per Hari, PU Bintuni Siapkan Strategi Perangi Sampah

Oleh Wawan

21 March 2018 11:03 957 VIew

''Kabid Kebersihan Dinas PU Teluk Bintuni, Paulus Iba''

Bintuni, arfaknews.com – Masalah sampah kini menjadi ancaman serius bagi Kabupaten Bintuni. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya masalah ini, salah satunya tingkat kesadaran warga yang masih minim tentang sampah.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertambangan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Teluk Bintuni, Paulus Iba, mengaku masalah sampah menjadi catatan serius pihaknya tahun ini.

Diakui kurang maksimalnya penanganan sampah juga berasal dari kurang sigapnya petugas kebersihan, terutama

menangani sampah di jalan kota dan tempat keramaian serta pemukiman warga.

dijelaskan, program prioritas 2018 adalah menciptakan kota Bintuni bebas dari sampah. Pasalnya, berdasarkan hasil survei lapangan, sampah per hari bisa mencapai 1 Ton, bahkan lebih.

“Kami mulai dari dalam, khususnya petugas kebersihan agar memahami tupoksinya. Masyarakat juga diminta meningkatkan kesadaran soal sampah,” ujarnya kepada arfaknews.com, Rabu (21/3).

Paulus yang baru menjabat sebagai Kabid Kebersihan ini, mengaku Dinas PU saat ini sedang mengerjakan TPS (Tempat Pembuangan Sementara). Selain itu, sejumlah bak sampah juga telah disebar pada titik keramaian seperti pasar dan pemukiman warga.

“Tim kerja lapangan (petugas kebersihan) setiap hari mengambil sampah, baik di pemukiman, pertokoan dan tempat keramaian lainnya di kota Bintuni,” aku Paulus.

Ia menambahkan sudah mendapat lokasi untukTPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah, yang jauh dari lokasi pemukiman warga di Kilometer 11, Kelurahan Bintuni Barat, Distrik Bintuni.

“Kami sudah koordinasi dengan pemilik ulayat setempat soal TPA ini,” tutupnya.


Berita Terkait