Gubernur PB : Stop Tebang Pohon Seenaknya di Lapangan Borarsi

Oleh Putra Aryanto

24 March 2018 07:01 548 VIew

''Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, saat menanam sebuah pohon di Lapangan Borarsi Manokwari''

Manokwari arfaknews.com  - Penebangan pohon di Lapangan Borasi belum lama ini, sempat membuat geram Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan. Dirinya mengingatkan agar tidak ada lagi penebangan pohon seperti yang pernah terjadi sebelumnya di lokasi itu.

Hal itu diungkapkan usai pertandingan eksebisi sepak bola antara Pemprov Papua Barat dan Pemkab Manokwari, Jumat (23/3) di Lapangan Borarsi, Manokwari.

Menurutnya, penebangan pohon di lokasi tersebut boleh dilakukan atas instruksinya. Ia berharap agar penebangan pohon seperti yang dilakukan beberapa hari lalu, tidak lagi terulang, apalagi tanpa didahului dengan koordinasi yang jelas.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga melakukan penanaman pohon, disaksikan pejabat teras Pemprov Papua Barat, Bupati Manokwari serta sejumlah pejabat di daerah ini.

“Saya sudah bilang, jika ada yang tebang pohon tanpa koordinasi, konsekuensinya harus ganti dengan pohon juga. Kalau perlu 3.000 pohon ya !. Apalagi Provinsi Papua Barat saat ini sedang didorong sebagai Provinsi Konservasi,” tegas Gubernur.

Penebangan pohon jenis Mahoni di Lapangan Borarsi sebelumnya disayangkan juga oleh banyak pihak. Menurut informasi yang dihimpun, penebangan pohon tersebut dilakukan dengan alasan keamanan. Pasalnya, bagian bawah pohon tersebut sudah rapuh dan dikuatirkan bisa tumbang sewaktu-waktu.

Berita Terkait