Dominggus Ingin PB jadi Tuan Rumah Balap Motor PON XX

Oleh Dessy Kumendong

24 March 2018 15:02 684 VIew

''Ketua KONI Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan saat meninjau sirkuit Moto Prix di Masni, Kabupaten Manokwari''

Manokwari, arfaknews.com – KONI Papua Barat menunjukan keseriusan untuk ikut serta menuju Pekan Olahraga Nasional ke XX Tahun 2020 di Jayapura, Provinsi Papua.

Karena pelaksanaannya di Papua, KONI Papua Barat pun berharap bisa menjadi tuan rumah beberapa Cabang Olahraga (Cabor), salah satunya balap motor.

Ketua KONI Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, mengatakan keinginan Papua Barat untuk menjadi tuan rumah cabor sedang diupayakan dengan melobi sejumlah pihak terkait.

“Kalau kita menjadi tuan rumah, saya harap Sirkuit Moto Prix di SP 6 ini, nanti berkontribusi untuk menyumbang medali pada PON mendatang. Peluang itu ada karena pembalap kita sudah tentu menguasai medan (sirkuit),” ujar Dominggus saat berkujung ke sirkuit Moto Prix Masni, Sabtu (24/3).

Menurutnya, sirkuit tersebut juga membutuhkan dukungan sarana jalan serta penghijauan yang cukup. Dinas terkait diharapkan menjadi jembatan untuk memperindah keberadaan sirkuit, sebagai salah satu sarana olahraga bagi masyarakat.

Selain itu, KONI Papua Barat juga berencana membangun sirkuit dan Sport Centre di Susweni. Hal ini dilakukan pula untuk mendukung pelaksanaan PON Tahun 2020.

“Kehadiran sirkuit diharapkan tak ada lagi balap liar, tetapi lebih kepada menyalurkan bakat dan berprestasi dalam cabang balap motor,” tegasnya.

Keberadaan Ketua KONI yang juga merupakan Gubernur Papua Barat di Masni ini, sekligus untuk meninjau sirkuit yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Ikut pula pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI) Papua Barat dan sejumlah pejabat terkait.

“Saya sebut calon sirkuit karena masih dalam tahap pembangunan. Saya hadir sebagai bentuk dukungan bagi pecinta olahraga otomotif, khususnya balap motor,” ungkapnya sembari berterimakasih akan rencana nama sirkuit yang menggunakan namanya, Sirkuit Moto Prix Dominggus Mandacan.


Berita Terkait