UKM Pramuka Unipa dan ‘Pemulung Keren’ Sigap Perangi Sampah di Pulau Lemon

Oleh James Aisoki

25 March 2018 07:01 1215 VIew

''UKM Pramuka Unipa bersama 'Pemulung Keren' dan anak-anak di Pulau Lemon. Salah satunya, Program Tabungan Pelajar dari hasil menabung di Bank Sampah ''

Manokwari, arfaknews.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuk Unipa Manokwari, Minggu (25/3), menggelar ekowisata wekeend di Pulau Lemon atau yang dikenal dengan sebutan Pulau Nusmapi.

Kegiatan ini merupakan program rutin yang dicanangkan UKM Pramuka Unipa Manokwari, dengan tujuan mengurangi volume sampah di pulau tersebut. Hal ini ikut didukung ‘pemulung keren’, yakni warga dan bank  sampah.

Pembina UKM Pramuka Unipa Manokwari, Yohanes Ada Lebang, mengatakan, Pulau Lemon dan Pulau Mansinam sebelumnya dicanangkan sebagai kampung bebas limbah plastik oleh Bupati Manokwari Tahun 2017. Namun saat ini keberadaan sampah di kedua lokasi itu, cukup memprihatinkan.

“Kami, UKM Pramuka Unipa, ingin wujudkan Pulau Lemon dan Pulau Mansinam, bebas limbah plastik. Tetapi ini butuh kerja sama semua pihak, termasuk pemilik tempat (ulayat), para donatur dan sponsor untuk mendukung ekowisata wekeend ini,” ujarnya saat penimbangan rutin limbah plastik di Pulau Lemon.

Ia berharap ide dan gagasan ekowisata wekeend ini mendapat dukungan penuh dari warga di kedua pulau tersebut, agar penanganan sampah dapat dilakukan secara bersama-sama.

“Kami mendukung dan akan menggelar rapat di kampung. Ini memberdayakan masyarakat sekaligus menjaga kampung agar tetap bersih,” jelas Ketua RT Pulau Lemon, Yohanes Mofu.

Senada, Ketua Bamuskam Pulau Lemon, Teodhorus Rumbruren, berujar Program Tabungan Pelajar bagi anak-anak di Pulau Lemon, menjadi motivasi untuk menjaga lingkungan tetap bersih.

“Menjaga lingkungan dari sampah, sekaligus menabung di bank sampah Unipa,” bebernya.

Berita Terkait