Lulusan Sarjana Ditantang Ciptakan Lapangan Kerja Mandiri

Oleh Charles Maniani

28 March 2018 19:02 1562 VIew

''Wisuda Universitas Papua TA 2017-2018 di Aula Unipa. Tak harus impikan menjadi PNS, Sarjana dituntut menciptakan lapangan kerja secara mandiri''

Manokwari, arfaknews.com – Banyak dari lulusan perguruan tinggi, sangat mengidamkan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (ASN). Namun, tentu saja PSN bukan satu-satunya lapangan pekerjaan yang bisa diperoleh setelah lulus.

Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, menegaskan, dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki lulusan (sarjana), harus mampu menangkap peluang untuk menciptakan lapangan kerja secara mandiri.

“Tugas kita belum selesai kita masi membutuhkan sejumlah sarjana di daerah ini, yang mampu memberikan pasar tenaga kerja dalam era kompetisi yang semakin global,” ujar Gubernur seperti yang disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Robet R.A Rumbekwan, SH, MA.

Ia berharap pembangunan sarana dan pra sarana untuk melancarkan proses kuliah, menjadi perhatian bersama, baik pemerintah daerah dan pihak kampus sendiri.

Rektor Universitas Papua, Dr. Jakob Manusawai, mengatakan, yang diutamakan dari sebuah universitas adalah akreditasi agar kelak menciptakan sarjana terbaik dan memiliki skill untuk membangun daerah.

“Akreditasi adalah sesuatu untuk kampus ini yang tidak bisa ditawar. Kalau akreditasi belum baik, artinya kita belum serius membangun Papua,” pesannya sembari mengucapkan selamat bagi lulusan Tahun Akademik 2017/2018 Unipa.

Universitas Papua (Unipa) sebelumnya menggelar Rapat Senat Terbuka dalam rangka wisuda program Magister, Sarjana dan Diploma, periode II Tahun Akademik 2017/2018. Sebanyak 205 wisudawan-wisudawati dikukuhkan dalam acara tersebut. Rinciannya, 28 sarjana S2, 73 sarjana S1 dan 53 lulusan D3.


Berita Terkait