Hanya Satu Perusahaan Tambang Emas di Manokwari, yang Lain Ilegal

Oleh Putra Aryanto

13 April 2018 07:01 1658 VIew

''Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral Papua Barat, Jhon Tulus''

Manokwari, arfaknews.com – Provinsi Papua Barat diketahui memiliki potensi Sumber Daya Alam, gas dan mineral yang melimpah. Namun, untuk mengelola sumber daya itu, tentu dibutuhkan ijin, salah satunya ijin eksplorasi.

Mengingat Papua Barat merupakan wilayah konservasi, perusahaan diingatkan menjaga keseimbangan alam. Selain itu, kepengurusan ijin juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumber Daya Mineral Papua Barat, Jhon Tulus, mengaku hanya satu perusahaan tambang emas yang mengantongi ijin. Meski demikian, perusahan tersebut belum beroperasi hingga saat ini

“Hanya satu perusahaan yang mengantongi ijin penambangan di Manowkari. Jika ada operasi penambangan emas lainnya di Manokwari, berarti itu penambangan ilegal,” ungkapnya, Jumat (13/4) di Manokwari.

Sebelumnya, masalah penambangan liar pernah dibahas pihaknya dalam Rakor bersama Menkopolhukam dan instansi-instansi lainnya.

“Kami tetap awasi perusahaan yang sudah memiliki ijin. Untuk perusahaan yang belum punya ijin, harus mengurusnya, jika tidak akan ditindak tegas sesuai kewenangan hukum,” singkatnya.

 

Berita Terkait