Perbaikan Fiber Optic Laut Kaimana-Timika Dikebut

Oleh Redaksi

15 April 2018 22:03 1572 VIew

''Ilustrasi Telkomsel''

Manokwari, arfaknews.com – Gangguan fiber optik PT. Telkom di Timika, Papua, masih berlangsung sejak sebulan terakhir. Hingga kini, masyarakat di Timika dan sekitarnya, belum bisa mengakses layanan komunikasi seperti semula.

Berdasarkan rilis yang diterima dari Management Telkom  Papua, Lonely Baringin, tanggal 22 Maret 2018, kabel laut fiber optik Telkom putus 34.9 Km dari Timika. Penyambungan di titik ini telah selesai tanggal 12 April 2018 dan sebenarnya layanan Telkom Group kembali pulih di Timika dan Merauke, tanggal 13 April 2018.

Namun setelah dilakukan pengukuran ruas Merauke-Timika-Sorong, ternyata ditemukan titik putus baru, yakni 30.3 Km dari Timika. Saat ini Kapal Nusantara Explorer sedang berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penyambungan di titik kedua tersebut.

Tim Telkom Group tetap mengupayakan proses  penyambungan selesai sesegera mungkin, sehingga layanan data Telkomsel dan layanan Telkom (Indihome, ASTINET, VPN) kembali berjalan normal.

“Perlu kami sampaikan bahwa Telkom sangat serius untuk segera menuntaskan pekerjaan penyambungan kabel fiber optik di perairan Timika-Kaimana. Semua energi, kompetensi dan resource, sedang difocuskan untuk percepatan recovery gangguan ini,” bebernya. 

Management Telkom Group, dalam hal ini Telkom dan Telkomsel, memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini.

“Mohon doanya dari semua pihak agar proses perbaikan berjalan dengan aman dan lancar,” pungkas Lonely.


Berita Terkait