150 Warga Kampung Andagau Terima Sertifikat PTSL di Manokwari

Oleh Dessy Kumendong

18 April 2018 07:01 663 VIew

''Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, Membagikan Sertifikat Tanah Melalui Program PTSL di Kampung Andagau, Distrik Manokwari Barat''

Mankwari, arfaknews.com – Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, menyerahkan 150 sertifikat bagi warga Kampung Andagau, Distrik Manokwari Barat. Pembagian ini melalui Program Pendaftaran Tanah Siatematis Lengkap (PTSL), Rabu (18/4).

Menurut bupati, penyerahan sertifikat pada umumnya sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah daerah kepada masyarakat.

“Ini dituangkan dalam bentuk pengakuan hak seseorang atas kepemilikan tanah melalui sertifikat,” ujar bupati.

Menurutnya, sertifikat hak milik tanah dapat memberi rasa aman, tentram dan kemantapan hati, karena sah sebagai pemilik sebidang tanah di Kampung Andagau.

Ia pun mengapresiasi jajaran pemerintah kampung dan semua pihak, termasuk Badan Pertanahan Nasional Manokwari, yang bekerja keras.

Dijabarkan, kepemilikan seseorang atas sebidang tanah harus berdasarkan bukti yang sah, bahkan untuk program pembangunan pun dibutuhkan tanah sebagai ruang geraknya.

“Penting untuk mendaftarkan hak kepemilikan yang disahkan berdasarkan aturan hukum melalui Badan Pertanahan Nasional. Tentunya dengan memiliki bukti tertulis, lengkap dan jelas yang tertuang dalam sertifikat sebidang tanah,” beber bupati.

Hal ini dinilai sejalan dengan program Proyek Nasional Agragia (Prona), yang disambut baik masyarakat. Prona diperuntukan gratis bagi masyarakat yang keseluruhan biayanya ditanggung melalui APBD dan masyarakat diharapkan memaksimalkan program ini.

“Rawat dan jaga dokumen sertifikat tanah dengan baik serta memaksimalkan aset tanah untuk kesejahteraan,” pungkas bupati.

 

Berita Terkait