Dispar Papua Barat : Banyak Potensi Wisata Belum Dikembangkan

Oleh FX. Putra Aryanto

25 April 2018 07:01 307 VIew

''Plt. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat Roberth Rumbekwan''

Manokwari, arfaknews.com - Wilayah Papua Barat selain memiliki sumberdaya Mineral, pertanian, kehutanan dan kelautan, Provinsi ini juga dikenal memiliki segudang kekayaan disektor pariwisata. Sayangnya masih banyak potensi pariwisata yang terabaikan dan jauh dari upaya pengembangan secara konsisten oleh pemerintah daerah setempat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat Roberth Rumbekwan membenarkan bahwa, meskipun memiliki banyak spot wisata di Papua Barat, namun sebagian besar belum dikembangkan dan diekspose.

Dari banyaknya potensi wisata di Papua Barat, baru Kabupaten Raja Ampat yang telah berhasil mengembangkan potensi pariwisata bahari dan budayanya hingga terkenal di manca negara. Sementara Daerah lainnya yang memiliki potensi pariwisata yang tak kalah menarik belum menunjukan konsistensinya mengembangkan sektor pariwisatanya.

"Banyak kok yang potesi wisata di Papua Barat ini selain Raja Ampat, memang Raja Ampat menjadi destinasi wisata andalan di Papua Barat, namun selain itu juga daerah lain dapat di kenalkan, seperti Kab Pegaf, Kaimana, Fak Fak, Manokwari, Wondama, dan wilaya lainnya yang juga sebenarnya memiliki potensi," ungkapnya.

Ia menyatakan akan membangun kerja sama lintas sektoral untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di Papua Barat, termasuk bersinergi membangun fasilitas penunjang pariwisata di beberapa kabupaten yang memiliki potensi pariwisata yang dapat dikembangkan.

Komitmen Pemprov Papua Barat untuk mengembangkan sektor pariwisata di seluruh kabupaten/kota terus digalakan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. pada berbagai kesempatan, Ia mengingatkan seluruh instansi bersinergi mengembangkan potensi pariwisata dengan melibatkan masyarakat lokal guna mengembangkan pariwisata yang mampu berdaya saing.

Berita Terkait