Indeks Pembangunan SDM Papua Barat Terus Meningkat

Oleh Putra Aryanto

08 May 2018 07:01 2477 VIew

''Drs Jerryson Sumual, Kepala Bidang Nerwilis BPS Papua Barat ''

Manokwari, arfaknews.com- Pembangunan Sumber Daya Manusia di Provinsi Papua Barat pada tahun 2017 terus mengalami kemajuan. Hal ini dengan ditandai terjadinya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Papua Barat. Pada tahun 2017, IPM Provinsi Papua Barat mencapai level 62.99. Angka ini meningkat sebesar 0,78 poin dibanding tahun sebelumnya yang berada pada level 62, 21.

Hal ini dikatakan oleh Drs Jerryson Sumual, selaku Kepala Bidang Nerwilis BPS Provinsi Papua Barat melalui siaran persnya.

Seperti diketahui Indeks Pembangunan Manusia (IPM), merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup penduduk suati darrah. Bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

"Status pembangunan manusia Provinsi Papua Barat tahun 2017 masih berstatus 'sedang', tidak berubah sejak tahun 2012. Provinsi Papua Barat tahun 2017 mencatat pertumbuhan yang positif yakni sebesar 1,25% dibanding tahun sebelumnya, angka pertumbuhan ini menjadikan Provinsi Papua Barat menduduki peringkat kedua pertumbuhan APN tercepat di seluruh Indonesia," ungkap Jerryson.

Untuk pencapaian pembangunan manusia (IPM) di tingkat kabupaten kota cukup bervariasi. IPM pada level kabupaten kota berkisar antara 51,01 di Kabupaten Tambrauw hingga 76,73 di Kota Sorong.

Status pembangunan manusia kabupaten kota masih didominasi oleh pembangunan manusia berstatus sedang,dengan 6 Kabupaten yang disandang oleh Kabupaten Fakfak, Sorong, Kaimana,Teluk Bintuni, Raja Ampat dan Sorong Selatan.

Sementara itu masih ditemukan pembangunan manusia dengan status terendah sebanyak 5 kabupaten kota yakni, Kabupaten Teluk Wondama, Manokwari Selatan, Maybrat, Pegunungan Arfak dan Tambrauw.

Sedangkan hanya terdapat 2 kabupaten kota yang berstatus pembangunan manusia tinggi yakni Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari.

Berita Terkait