Tingkatkan Minat Baca, Asosiasi Pustaka Keliling Siap Sebar Ribuan Buku di Bintuni

Oleh Wawan

09 May 2018 07:01 430 VIew

''Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Hermin Merli Talakua''

Bintuni, arfakanews.com – Saat ini Pemkab Bintuni melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, sudah meyiapkan 6.600 literatur buku bacaan dengan 1.100 judul. Sebelumnya, dinas terkait juga akan membentuk asosiasi pustaka keliling.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Hermin Merli Talakua, mengatakan, Tahun 2018 pihaknya akan kembali menyiapkan 1.200 buku.

“Dengan harapan terciptanya pemenuhan kebutuhan pustaka dan pembaca, sehingga fungsi perpustakaan bukan hanya sebagai tempat membaca, melainkan juga bisa menjadi tempat mendidik, deposit, membina serta rekreasi,” ujarnya usai Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan bagi Pengelola Perpustakaan, Rabu (9/5) di Gedung Kartini Jaya, Kabupaten Teluk Bintuni.

Menurut dia, fungsi perpustakaan tak hanya untuk meningkatkan minat baca anak, tetapi juga untuk masyarakat umum agar menghasilkan SDM yang berkualitas.

“Orang mendapat pengetahuan bukan hanya lewat pendidikan formal saja, tetapi juga bisa lewat membaca,” bebernya.

Secara berbeda, Herlin memaparkan pelatihan diikuti 40 peserta yang merupakan perwakilan pengelola perpustakaan sekolah tingkat SD hingga SMA sederajat. Selain itu, peserta juga berasal dari pengelola perpustakan khusus, yaitu komunitas baca dan pengelola perpustakaan umum kabupaten Teluk Bintuni.

Ia berharap Bimtek ini mengahsilkan tenaga tekhnis pengelola yang terampil dan mampu menata perpustakaan, mulai dari mengelola bahan pustakaan dan pelayanan, teramsuk promosi perpustakaan.

 

 

Berita Terkait