Hasil Penetapan DPT Sementara, Manokwari Tetap 25 Kursi Di DPRD

Oleh James Aisoki

09 May 2018 07:01 385 VIew

''Peta Manokwari''

Manokwari arfaknews.com – Dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pada Desember 2017 masih menggunakan data penduduk semester II tahun 2017, berdasarkan data penduduk Kabupaten Manokwari tahun 2017 sementara, belum mencapai 200 ribu jiwa. sehingga kriterianya Manokwari tetap miliki 25 Kursi di DPRD".

Berdasarkan jumlah penduduk 200 - 300 ribu, maka jumlah kursi di DPRD adalah 30 orang, sebagaimana telah diatura dalam Undang-undang Pemilu.

Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum, Direktur Politik Dalam Negeri, Dr. Drs. Bahtiar, M.Si, mengutarakan bahwa Kebijakan kependudukan di Indonesia dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu dalam semester I dan II, data penduduk itu diperbaharui  dan ditetapkan 2 kali setahun, di semester I di bulan Juni dan semester ke II Desember.

"Saya baru mendapatkan Informasi dari beberapa anggota dewan Kabupaten Manokwari, bahwa penduduk Manokwari itu sampai pada akhir April ini sudah lebih dari 200 ribu jiwa. maka sepantasnya Manokwari miliki 30 Kursi di DPRD. Ungkapnya

" Kita tunggu Penetapan DPT Bulan Juni 2018, gimana formula hukumnya, prinsipnya adalah tetap bermuara ke Hukum", Kalau memang datanya benar, saya kira pasti ada jalan keluarnya". Tutupnya

Berita Terkait