HUT Pattimura, Warga Maluku Diajak Jaga Kamtibmas di Manokwari

Oleh Charles Maniani

15 May 2018 07:01 627 VIew

''Peringatan HUT Pattimura di Manokwari. Foto : Charles, arfaknews.com''

Manokwari, arfaknews.com –  Setiap tanggal 15 Mei, diperingati sebagai hari salah satu pahlawan Indonesia dari Maluku, yang dikenal dengan nama Kapitan Pattimura.

Di Manokwari, Papua Barat, ratusan warga Maluku menggelar upacara pembakaran obor Pattimura, dipimpin Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, Selasa (15/5) di bekas kantor Gubernur Papua Barat.

Menurutnya, peringatan Hari Pattimura tahun ini dimanfaatkan warga Maluku di Manokwari, untuk memaknai dan mengenang jasa perjuangan Pattimura, dalam rangka persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Bupati juga mengajak semua masyarakat Maluku untuk menyukseskan pembangunan dan ikut menjaga keamanan di Manokwari.

“Mari kita bangun Manokwari bersama-sama. Kita harus mampu menlak paham aliran keras atau paham radikalisme, teroris dan masalah lain di Manokwari,” ujarnya.

Ia ingin agar masyarakat Maluku di Manokwari, ikut menciptakan kedamaian dan kenyamanan dan menghindari perpecahan.

Bupati berharap masyarakat Maluku di Manokwari, juga tidak mudah terprovokasi atas informasi yang keliru, sebaliknya bersama-sama pemerintah dan ikatan masyarakat lainnya, membangun Manokwari yang lebih maju dan sejahtera.

Selain upacara, digelar juga berbagai kegiatan, diantaranya, ziarah ke sejumlah makam tokoh masyarakat Maluku di pekuburan umum Pasir Putih. Upacara tersebut juga disuguhi Tarian Cakalele, Maluku Satu Darah.

 

 

Berita Terkait