Papua Barat Resmi Tuan Rumah PON 2020

Oleh Putra Aryanto

27 May 2018 19:09 4192 VIew

''Rapat Kordinasi Persiapan PON XX''

Manokwari  arfaknews.com  - Papua Barat, akhirnya secara resmi menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, mendatang bersama Provinsi Papua.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan usai penandatanganan kesepakatan bersama disalah satu hotel di Manokwari, Jumat (25/05).

Kesepakatan ditandai dengan penandatanganan dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur Papua, Soedarmo dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, disaksikan Ketua Umum Koni Pusat, Tono Suratman, Wakil Ketua Umum Koni Pusat Soewarno, Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Rudolft Alberth Rodja, Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI Jopyye O Wayangkau, Kabinda Papua Barat Robby Setiawan, serta pengurus KONI lainnya.

Pj Gubernur Papua Soedarmo mengatakan, dirinya menyambut baik dengan keinginan pemerintah Provinsi Papua Barat agar dapat dilibatkan menjadi tuan rumah PON ke XX pada tahun 2020 mendatang.

"Tidak panjang lebar lagi kalau sudah ada seperti ini, semnatara proses administrasi dalam waktu dekat bisa terlaksana sesuai waktu. “Kami di  Prov Papua, berharap agar seluruh panitia agar penyiapan kegiatan bisa tepat pada waktunya. Saya pikir Papua dan Papua Barat memang harus kompak dan jangan pisah. Pelaksanaan PON ini harus jadi satu , Papua dan Papua Barat”, ujarnya.

Hal ini bukan hanya dikenal nantinya diseluruh masyarakat Nusantara saja, namun dunia internasional juga bakal mengingatnya dan pastinya akan membawa dampak secara positif bagi masyarakat ". Ungkap Soedarmo.

ditambahkan, banyak orang hadir di Tanah Papua, diantaranya para atlet dan official se-nusantara. Sehingga tidak dipungkiri akan banyak dana yang berputar di Papua dan Papua Barat.

" Sebagai Penjabat Gubernur Papua, saya sambut baik keinginan dan siap menerima Papua Barat bersama menjadi tuan rumah PON ke XX tahun 2020 ". Tutupnya.

Hal serupa dikatakan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam kesempatan yang sama. Papua Barat memiliki kerinduan yang sangat besar agar juga menjadi tuan rumah PON 2020.

" Pada saat musyawarah luar biasa KONI Pusat, kami hadir dan sampaikan juga keinginan masyarakat di Papua Barat, terutama pecinta olahraga. “Kami mengusulkan juga agar dalam pelaksanaan PON ke XX tahun 2020 nanti, lima cabang olahraga dapat dipertandingkan di Papua Barat, masing-masing cabor Balap motor, Selam, Tenis Meja, Terjun Payung dan Sepak Bola ". Ungkapnya

Ditambahkan Papua Barat telah menyiapkan arenanya untuk cabang olahraga diusulkan, dipertandingkan di Papua Barat, salah satunya adalah Balap motor yang saat ini  sedang dibangun arenanya di Masni Kab Manokwari, Selam di Kab Raja Ampat dan Sepakbola yang dapat menggunakan stadion milik Perseman.


Berita Terkait