Dominggus Mandacan: Hal ini Wajar, Ibu Kota Maybrat ke Kumurkek

Oleh Putra Aryanto

05 June 2018 00:11 4307 VIew

''Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan''

Manokwari arfaknews.com - Kembalinya ibu kota kabupaten Maybrat ke Kumurkek, membuat beberapa masyarakat melakukan aksi protes, ketidak setujuannya jika kabupaten Maybrat berada di kumurkek.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, terkait kembalinya Ibukota Maybrat ke Kumurkek, hal ini adalah wajar diera demokrasi, jika ada masyarkat tidak setuju dengan ditetapkannya Ibukota Maybrat, ujarnya

Dalam waktu dekat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, berencana Bakal mengunjungi Maybrat, guna menghadiri acara perdamaian adat suku, pasca penetapan ibukota Maybrat kembali ke kumurkek.

“Mendagri serahkan sepenuhnya persiapan perdamaian adat di Maybrat, dua minggu terhitung sejak 28 Mei. direncanakan kembalinya ibukota Maybrat ke Kumurkek ini, direncanakan dihadiri Mendagri, “saya harap kedua belah kubu dapat damai kembali dengan putusan, ditetapkannya kumurkek sebagai ibu kota Maybrat, mari bersama sama membangun maybrat dengan rasa aman dan damai ". Kata Dominggus.

Disinggung soal aksi demo damai masyarakat Ayamaru, menolak penetapan ibu kota Maybrat di Kumurkek beberapa waktu lalu, Gubernur menyatakan unjuk rasa merupakan hak seluruh warga.

“Hak masyarakat ketika menilai kebijakan pemerintah. tapi dirinya minta demo dilakukan dengan damai, Silakan melakukan kasi demo Itu hak warga., terpenting aksi demo itu tidak anarkis.

Kami bersama Forkopimda akan bertanggung jawab mengamankan dan melaksanakan keputusan Mendagri berdasarkan kewenangan kita masing masing,” Tutupnya.


Berita Terkait