Resmi, Pengurus Gerkindo Papua Barat Dikukuhkan

Oleh Redaksi

16 June 2018 07:01 1035 VIew

''Ketua DPP Gerkindo, Yery Tawalujan, bersama Ketua DPW Gerkindo Papua Barat dan Ketua Perindo Papua Barat.''

Resmi, Pengurus Gerkindo Papua Barat Dikukuhkan

<p>Manokwari, arfaknews.com - Gerakan Kasih Indonesia atau Gerkindo kini resmi hadir di Papua Barat. Gerkindo merupakan sebuah organisasi yang sebagian pengurus diisi oleh para pemimpin dari berbagai denominasi gereja.

Ketua DPP Gerkindo, Yery Tawalujan, menegaskan Gerkindo hadir tak hanya untuk mensejahterakan umat Tuhan, namun juga membina dan menerjemahkan politik moral bagi umat Tuhan.

“Kehadiran Gerkindo untuk melayani jemaat dan bermanfaat bagi gereja, diantaranya memberi seminar dan pelatihan, termasuk melancarkan berbagai program gereja,” ujarnya saat pengukuhan DPW Gerkindo Papua Barat, Sabtu (16/6) di Manokwari.

Menurut dia, selama ini gereja selalu dijadikan obyek, terutama sebagai lumbung politik. Dengan kehadiran Gerkindo disertai pendidikan moral yang baik, gereja juga bisa menjadi subyek pembangunan.

Yery pun tak menampik akan muncul berbagai penilaian terhadap para pemuka agama yang masuk dalam Gerkindo, yang tak lain adalah sayap atau bentukan dari Partai Perindo. Bedanya, Gerkindo tidak memaksa atau menganjurkan untuk memilih partai, melainkan lebih kepada penyadaran untuk menerjemahkan politik moral bagi umat Tuhan.

“Banyak penilaian jika pendeta terjun ke politik. Tetapi untuk Gerkindo, itu tidak. Di setiap seminar yang Gerkindo gelar, tidak ada kampanye yang dilakukan untuk memilih partai politik tertentu,” tegasnya.

Gerkindo Papua Barat merupakan DPW yang ke 26 di Indonesia, namun hinga kini baru 12 DPW yang pengurusnya resmi dikukuhkan, termasuk DPW Gerkindo Papua Barat.

“Orang kristen punya hak politik untuk bangsa ini. Keberadaan pendeta dalam Gerkindo juga tidak serta-merta mengharuskan memilih partai politik, tetapi lebih kepada penyadaran untuk menerjemahkan politik moral bagi umat Tuhan,” bebernya.

DPW GerKindo Papua Barat, dIpimpin Pendeta Soleman Manufandu, M.Th, dibantu Wakil Ketua, Pdt. Alberd Rumaropen dan Pdt.Nonik Pahabol, Sekretaris, Pdt. Yeremia Oja serta Bendahara, Pdt. Dr Philipus Manggaprou, M.Th. Selain itu, ada pula 9 bidang kerja Gerkindo Papua Barat.<p>

Berita Terkait