Ratusan Pembina Koperasi di Papua Barat Dibekali Akuntansi Koperasi

Oleh Redaksi

06 July 2018 07:01 807 VIew

''Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat Stepanus Selang, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Pembangunan Nicolas Untung Tike, dan Direktur Lapenkopnas Arifuddin, (5-9/6)''

Manokwari, arfaknews.com - Upaya Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan koperasi terus digalakan, salah satunya dengan melakukan penguatan kapasitas pembina koperasi tentang akuntansi koperasi yang selanjutnya dapat membina para pelaku koperasi di provinsi ini.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Guberbur Nicolas Untung Tike, menekankan pentingnya penguasaan akuntansi koperasi oleh para pembina koperasi dalam melaksanakan tugas pembinaan kepada para pelaku koperasi di kabupaten/kota.

''Para ASN pembina koperasi pada dinas yang membidangi koperasi ditingkat provinsi dan kabupaten dan kota harus lebih menguasai sistem akuntansi koperasi, sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas pengelolaan keuangan koperasi yang dibinanya,'' kata Gubernur.

Gubernur optimis, melalui pelatihan yang digelar selama lima hari (5-9/6), di salah satu hotel di Manokwari dapat memberikan kontribusi positif dalam mewujudkan kemandirian okonomi daerah dan nasional dari sektor perkoperasian.

Gubernur pun meminta dinas terkait agar bersinergi mendorong dan mewujudkan perkonomian daerah yang tangguh melalui penguatan kapasitas manajemen koperasi di Provinsi ini.

Sementara kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat Drs. Stepanus Selang, MM menyatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pembina koperasi dibidang akuntansi.

''Kita ketahui bahwa koperasi ini bergerak dibidang usaha, sehingga penting sekali para pembina koperasi dibekali pemahaman yang benar dan kemampuan tentang akuntasi koperasi,'' tutur Stepanus.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari dinas yang membidangi koperasi di 13 kabupaten dan satu kota di tambah para pembina koperasi dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat.

Kegiatan itu juga menghadirkan instruktur nasional Arifuddin yang juga menjabat sebagai Direktur Lapenkopnas (Lembaga Pendidikan Koperasi Nasional), dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Papua Barat Stepanus Selang.

Berita Terkait