KPU PB Kembalikan Dokumen Pendaftaran Caleg Gerindra

Oleh Rizaldy

12 July 2018 19:10 3111 VIew

''Komisioner KPU Provinsi Papua Barat Divisi Teknis Paskalis Semunya menyerahkan berita acara pengembalian berkas persyaratan pendaftaran Caleg Partai Gerindra Provinsi Papua Barat kepada Sekretaris DPD Partai Gerindra Provinsi Papua Barat Imelda Herlin Wor''

Manokwari, arfaknews.com - Hingga hari kesembilan pembukaan pendaftaran bakal calon anggota DPR Papua Barat, baru dua Parpol yang mendaftar. kedua Parpol dimaksud yakni Partai Perindo yang resmi mendaftar pada hari Senin, (9/7) lalu dan Partai Gerindra pada Hari Kamis (12/7).

Komisioner KPU Provinsi Papua Barat Divisi Teknis Paskalis Semunya menyatakan, setelah tahapan pendaftaran bakal calon anggota DPR Provinsi Papua Barat dibuka tanggal, 4 Juli 2018 lalu, Baru dua Partai yang mendaftar, yakni Partai Perindo dan Partai Gerindra.

Meskipun telah terdapat dua partai yang terdaftar, namun hanya partai Perindo yang dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran dan telah resmi terdaftar sebagai peserta Pileg 2019. Sementara dokumen pendaftaran Partai Gerindra dinyatakan belum memenuhi syarat pendaftaran, sehingga dikembalikan untuk segera dilengkapi.

''Tepat pukul, 15.53 Wit kami menerima dokumen pendaftaran dan setelah melalui tahapan penelitian berkas sesuai ketentuan Pasal 16 ayat 3 PKPU Nomor 20 Tahun 2018, terhadap dokumen pengajuan, daftar calon per Dapil, pakta integritas dan pernyataan tidak merekrut mantan terpidana korupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual pada anak,'' kata Paskalis.

Lanjutnya, berdasarkan ketentuan pasal 16 ayat 3 PKPU Nomor 20 Tahun 2018, ternyata dokumen pendaftaran partai Gerindra tidak dilengkapi dokumen pernyataan tidak merekrut mantan terpidana korupsi, bandar narkoba dan kejahatan seksual.

''Pernyataan itu merupakan salah satu dokumen utama persyaratan pendaftaran untuk dikeluarkan tanda terima pendaftaran. berdasarkan ketentuan tadi, bila tidak ada atau tidak memenuhi syarat, maka dokumen pendaftarannya akan dikembalikan untuk diperbaiki dan akan dikembalikan lagi selama masa pendaftaran hingga tanggal, 17 Juli 2018,'' terangnya.

Kendati telah mengembalikan dokumen pendaftaran Partai Gerindra, KPU Papua Barat akan memberikan advice selama perbaikan, sehingga dapat diperbaiki untuk didaftarkan kembali.

Sementara Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua Barat Mohammad Lakotani, membenarkan adanya kekurangan dokumen syarat pendaftaran saat mendaftarkan bakal calon anggota DPR Provinsi Papua Barat.

''Dokumen pendaftaran yang kami siapkan lebih diutamakan pada syarat calon. Semua dokumen lengkap tetapi dokumen B1, B2, dan B3 yang merupakan syarat pencalonan, ternyata itu belum bisa diakses oleh teman-teman, mungkin dokumen itu kurang tersosialisasi sehingga tidak dilengkapi,'' imbuh Lakotani.


Berita Terkait