Usai Dilantik Komisioner KPU Teluk Bintuni Siap Jalankan Tugas

Oleh Wawan

04 August 2018 07:01 312 VIew

''Sekertaris KPU Teluk Bintuni, Ganem Seknun''

Bintuni arfaknews.com - Sesuai hasil keputusan KPU RI, tentang penetapan tahapan seleksi uji kelayakan dan kepatutan anggota komisioner yang baru dilantik oleh ketua KPU RI, (24/7) lalu di jakarta secara serentak di seluruh Indonesia, maka terpilih 10 anggota komisioner baru  untuk periode 2018-2022. Diantaranya 5 komisoner terpilih dan 5 sebagai Pengganti Antar Wakt (PAW). sehingga secara otomatis masa jabatan komisioner lama sesuai surat keputusan KPU RI tentang  di akhir masa jabatan (AMJ) (24/7), periode 2013-2018 dinyatakan sudah selesai.

Hal ini diutarakan Sekertaris Umum KPU, Teluk Bintuni Ganem seknun, ketika ditemui di rung kerjanya , Rabu (1/8) mengatakan, dilantiknya anggota komisioner KPU Teluk Bintuni oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)  dan sudah memiliki ketua dan anggota komisioner yang baru. siap menjalankan fungsi dan tupoksinya.

Dari kelima anggota komisioner baru dilantik tersebut, langsung diperintahkan oleh KPU RI untuk melakukan Rapat pleno dan membentuk secara aklamasi memilih atau menunjuk salah satu sebagai ketua atau pemimpin dari ke 4 komisioner yang lainnya.

Selain ketua komisioner KPU, Ada 5 devisi harus di isi Dari hasil rapat tersebut, ketua merangkap anggota, Heri Harius Salamahu, selain ketua Heri juga sebagai Devisi logistik, Dedimus kambia sebagai Devisi Hukum, Regina Baransano sebagai Devisi program dan data, Eko prio Utomo sebagai Devisi Tekhnis penyelenggara, Ilham Lukman sebagai Devisi SDM dan Parmas (partisipasi masyarakat), ujarnya

Ketua Dan 4 Anggota komisioner langsung menjalankan tugasnya masing-masing sesuai jabatan diamanahkan oleh Undang-undang, selain itu untuk ke 5 orang komisoner PAW Komisioner KPU, mereka sebagai pengganti bilamana dari ke 5 komisioner terpilih berhalangan Tetap dalam melaksanakan tugas seperti mangkat atau mengundurkan diri, maka nama PAW no urut 6 secara otomatis mengganti diposisi komisioner yang berhalangan Tetap tersebut.

Terlepas itu semua Ganem Seknun menambahkan, untuk tahapan pemilu 2019 mendatang, KPU Teluk Bintuni telah melakukan perbaikan berkas pendaftaran (Balon) bakal calon legislatif diusung oleh 16 Partai politik ikut berkompetisi, dari semua partai yang telah mendaftarkan calonnya untuk ikut buras Caleg, diwilayah Teluk Bintuni semuanya melakukan perbaikan, dalam arti setiap partai ada Balonnya sedang melakukan perbaikan berkas. Sedangkan undang-undang pemilu nomor 7 tahun 2017 tentang setiap partai yang mengajukan Balonnya 30% harus ada perwakilan perempuan untuk di wilayah kabupaten Teluk Bintuni dari 16 partai semua terpenuhi, kata Ganem.

Berita Terkait