Komari Papua Gelar Seminar Di Taman Wisata Alam Gunung Meja

Oleh James Aisoki

12 August 2018 07:01 335 VIew

''Sekretaris Panitia Festival 1.000 Pohon, Descarlo Worabai ''

Manokwari arfaknews.com – Dalam memperingati Hari Hutan Nasional, tepatnya 10 Agustus 2018, Komari Papua galakan kegiatan Festival 1000 Pohon berlangsung di Taman Wisata Alam Gunung Meja dengan melibatkan puluhan Siswa SD, warga Masyarakat, pemerhati Lingkungan Hidup, LSM dan BKSDA, Pariwisata dan Pemkab Manokwari.

Sekretaris Panitia Festival 1000 Pohon, Descarlo Worabai mengungkapkan Seminar dan festival 1.000 pohon ini dilaksanakan di Taman Wisata Alama (TWA) Gunung Meja, melibatkan masyarakat dan Siswa SD, serta pihak BKSDA, Pemkab dan Masyarakat, agar masyarakat dapat mengenal lebih dekat alam dan mengetahui Langsung potensi, serta dampak kerusakan dialami Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Meja ini.

Tujuan menghadirkan siswa Sekolah Dasar (SD), untuk menanamkan nilai perlindungan dan pelestarian hutan bagi keberlangan kehidupan manusia. nilai pelestraian hutan ditanamkan dari sekarang sehingga pelestraian hutan dan perawatannya terlaksana sejak dini.

Kehadiran siswa Sekolah Dasar, bertujuan agar mereka bisa mengetahui betul tentang manfaat hutan bagi manusia, sehingga siswa SD telah mengenal Hutan sejak dini, kedepan mereka sudah bisa paham apa yang harus mereka perbuat untuk melestarikan hutan, secara khusus mengenal lokasi Taman Wisata Alam Gunung Meja dan proses pelestariannya". Ucap Worabay , Sabtu (11/8).

Melihat Animo Masyarakat Manokwari cukup besar untuk berwisata, Taman Wisata Alam Gunung Meja bisa menjadi tujuan warga Manokwari dan sekitarnya untuk berlibur dan berwisata bersama keluarga dan kerabat lainnya, ujarnya

Dikatakan pula, Festival 1.000 pohon dan seminar penanganan Taman Wisata Gunung Meja, lantaran sebelumnya telah dibuat konser hijau, namun kala itu belum disusun secara detail Genering Design, sehingga melalui Festival 1000 Pohon ini, pihak Konservasi Sumber daya Alam (KSDA) melihat format idenya, agar peserta yang ikut akan tahu arah pembangunan Taman Wisata Alam Gunung Meja Tersebut. Ungkapnya

Diharapkan agar upaya Taman Wisata Alam Gunung Meja dapat lestari dengan memberikan Suplai Hidrologi dan Kepariwisataan bagi Manokwari.

Fungsi Gunung meja sebagai suplai Hidrologis itu jangan sampai Hilang, Taman Wisata Alam  Gunung Meja Sebagai Sumber air, sesuai dengan usulan BKSDA Papua Barat, dibutuhkan managemen Colaboratif untuk megelola Taman Wisata Alam  Gunung Meja sebagai Objek Wisata, tetapi juga memberikan suplai hidrogi bagi Masyarakat Kota Manokwari. Tutupnya.

Berita Terkait