Pria Juga Tak Mau Kalah Soal Racikan Papeda

Oleh Putra Aryanto

21 August 2018 07:01 152 VIew

''Suasana peserta pria dalam mengikuti lomba memasak Papaeda''

Manokwari arfaknews.com - Pada umumnya meracik makanan khas Papua ini yakni Papeda, masih didominasi kaum perempuan, namun kali ini pria menunjuukan kebolehannya dalam soal meracik papeda.

Guna Mengetahui cara pria meracik Papeda hingga menjadi makanan lezat dan nikmat, untuk itu pihak panitia melakukan kegiatan lomba memasak papaeda bagi kaum pria.

Hal ini terjadi  di kompleks Reremi RT 1,2, dan 3 Rw 11, Kelurahan Manokwari Barat, menggelar lomba memasak Papeda bagi kaum pria, dimana para peserta lomba merupakan kepala rumah tangga yang didampingi langsung istrinya.

Adanya lomba memasak papeda bagi kau pria ini, bertujuan mengangkat masakan lokal khas papua yakni maska Papeda dengan ikan kuah, serta sambal

Namun dalam kegiatan lomba, peserta dalam hal ini pria bertugas meracik dan memasak hingga menyiapkan segala hidangan telah di siapkan, sedangkan wanita atau istri peserta, bertugas sebagai pendamping dan sekaligus pengawas dalam meracik dan memasak masakan papeda suaminya.

Sementara bahan di gunakan dalam pembuatan papeda, bahan utamanya terdiri dari sagu, ikan laut segar, cabai, serta bumbu dari rempah-rempah.

Ketua panitia lomba Leonardo mengatakan, dengan mengangkat tema tradisional ini para peserta di tuntut agar dapat memahami dan lihai sebagai pendamping wanitanya di dapur.

" Ya kami angkat tema masakkan tradisional ini selain bahan yang mudah, dapat menjadikan pasangannya paham dalam kesulitan memasak di dapur. Sehingga para pria juga di harapkan untuk dapat memasak. Papeda menjadi menu pilihan dikarenakan bahan yang mudah dan gampang di dapat ". Ungkapnya saat di wawancarai arfaknews.com.

Peserta lomba maska papeda terdiri dari 10 peserta, dalam lomba peserta diberi waktu kurang lebih 1 jam untuk dapat menyelesaikan masakan untuk di hidangkan, dari menyiapkan bumbu, menyiapkan ikan hingga memasaknya dalan bentuk ikan kuah. Ikan laut segar menjadi pilihan dari berbagai jenis ikan seperti ikan Tuna atau yang akrab di sebut dengan ikan ekor kuning, ikan cakalan hingga ikan samandar.

Ditambahkan, selain lomba memasak pihaknya juga akan menyelenggarakan berbagai perlombaan seperi panjat pinang dan juga membawa kelereng dengan sendok yang di letakkan di mulut.

" Masih ada juga perlombaan lainnya untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73, menjadi idola warga dalam perayaan ini yakni lomba memasak masakan tradisional papeda ". tutupnya.

Berita Terkait