Kapolri Diminta Tepati Janji, Perdayakan OAP Di Jajaran Kepolisian

Oleh James Aisoki

25 August 2018 07:01 207 VIew

''Ketua Dewan Adat Wilayah III Doberay, Paulus F. Mayor''

Manokwari arfaknews.com - Kapolri Jendral Tito Karnavian, diminta untuk segera menepati janjinya untuk memprioritaskan anak-anak Papua dalam jajaran kepolisian di Polda Papua Barat.

Hal ini diutarakan Ketua Dewan Adat Wilayah III Doberay, Paulus F. Mayor, mengatakan dirinya meminta agar Kapolri menepati janji tersebut. ketika bertandang ke Papua Barat dalam meresmikan Kantor Polda Papua Barat.

Masyarakat adat Papua telah mengakui Jendral Tito Karnavian sebagai bagian dari orang Papua, saat meresmikan Polda Papua Barat, Kapolri pernah berjanji bahwa dengan didirikan Polda Papua Barat, guna berdayakan anak-anak Papua di Jajaran Polda Papua Barat dengan berupaya menciptakan Kamtibmas di Papua Barat, ujarnya.

Masyarakat adat Papua percaya akan keseriusan Kapolri untuk menepati janjinya,  Saat ini sudah ada anak Papua yang memenuhi kriteria dan harus dipromosikan menjadi Kapolda". Ucapnya

Senada dengan itu, Tokoh Pemuda dan Mahasiswa Papua Barat, Hugo Asrouw mengungkap sesuai dengan Undang-Undang RI Nomor 21 Tahun 2001, ada tiga amanat penting yang harus digaris bawahi yakni perlindungan, pemberdayaan dan keberpihakan.

Harus ada keberpihakan kepada orang Papua sebagaimana diamanatkan dalam UU otsus, dimana Dalam UU Otsus, telah dikemukakan tentang Kepolisian Daerah Papua dan Papua Barat, ditinjau dari Kriteria, sudah ada anak Papua memenuhi kriteria sesuai dengan Undang-Undang Kepolisian Republik Indonesia untuk menduduki Jabatan Strategis di Kepolisian.

Sehingga Kapolri memprioritaskan anak Papua selama ada anak Papua memenuhi kriteria itu. Kalau sudah tidak ada, barulah digantikan dengan orang lain". Ujar Hugo

Selain itu, Ketua Parlemen Jalanan, Ronal Mambieuw mengungkap pihaknya akan menggelar aksi apabila aspirasi Masyarakat Papua tidak diindahkan.

Sesuai dengan amanat Otsus orang Papua harus menjadi tuan di negeri sendiri, artinya orang papua harus menduduki Jabatan strategis di Pemerintahan,  termasuk menduduki jabatan strategis di Kepolisian Republik Indonesia.

"Di mata kami, Petrus Waine telah mengabdi selama sekian tahun sebagai Anggota Polri dan telah memenuhi kriteria untuk menduduki jabatan strategis di Kepolisian, Petrus Waine telah ikut mengamankan kepentingan negera di atas tanah Papua dan telah turut menjaga Kamtibas dengan baik".

Diharapkan  jabatan itu sebagai kado terakhir dari Kapolri kepada anak-anak Papua sebelum masa pensiun agar kami percaya Kapolri menepati janjinya".

Untuk itu Kapolri segera mempromosikan Brigjend Pol, Petrus Waine sebagai Kapolda di sisa masa tugasnya, terserah mau ditempatkan dimana saja diseluruh Indonesia, asalkan beliau sebagai Kapolda disisi masa tugasnya", pintanya

Jika aspirasi ini tidak didengar, Kami menghargai itu karena memang orang Papua hanya dianggap sebagai Objek Politik, tegasnya.

Berita Terkait