Atlit Papua Barat, Raih Juara Umum II Kejurnas Selam Di Jawa Tengah

Oleh Putra Aryanto

06 September 2018 07:01 408 VIew

''Atlit selam Papua Barat, ketika memperoleh mendali dalam kejurnas selam di Jepara, Jawa Tengah''

Jawa Tengah arfaknews.com - Para atlit selam Papua Barat tergabung dalam Pengprov POSSI Papua Barat, meraih hasil gemilang dengan menempati posisi Juara Umum II dengan meraih 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Kejuaran Nasional (Kejurnas)  Selam Nomor Laut, di Jawa Tengah sebagai Tuan Rumah, dengan lokasi lomba berada di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, jawa tengah.

Kejurnas Selam Nomor laut ini diikuti 9 Provinsi di Indonesia, diantaranya, DKI Jakarta, Papua Barat, Papua, Jawa Timur, Riau, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan D.I. Yogyakarta.

Sementara Nomor yang dilombakan dalam Kejurnas Selam Nomor laut antara lain, Finswimming 3000 M Putra, Finswimming 3000 M Putri, Finswimming 6000 M Putra, Finswimming 6000 M Putri, Orientasi Bawah Air (OBA) M Course Putra,  OBA M Course Putri, OBA 5 Point Course Putra dan OBA 5 Point Course Putri.

Jawa Tengah bertindak selaku tuan rumah, harus puas berada di posisi ke-6 dalam klasemen akhir kejurnas berlangsung Rabu (29/08) lalu dengan meraih mendali, 2 perak dan 4 perunggu.

Atlit POSSI Papua Barat, Hasmania Siregar meraih Medali Emas pada nomor lomba OBA M Course Putri, sementara untuk OBA M Course Putra, menghasilkan Medali Perak  dipersembahkan atlit Papua Barat Yosep Mofu, sedangkan Medali Perunggu atlit Papua Barat, Hasmaria Siregar pada nomor lomba OBA 5 Point Course Putri.

Dalam nomor lomba Finswimming 6000 M, medali Perak diraih oleh atlit Papua Barat Hosea Rapar dan Medali Perunggu diraih oleh Atlit Papua Barat Sergio Polakitan. Sedangkan untuk nomor lomba Finswimming 3000 M, atlit Papua Barat atas nama Hendri Lumintang meraih medali Perak.

Ketua Umum POSSI Papua Barat,  Markus Waran, melalui Ketua Harian POSSI Papua Barat Kapten (Mar) Harold Sarundaitan mengungkapkan walaupun tidak dapat hadir dalam pelaksanaan Kejurnas, namun pengurus POSSI Papua Barat, sangat mengapresias dengan segala hasil kerja keras telah dicapai Atlit Selam Papua Barat, dalam memperoleh Juara II Umum.

"kami Pengurus Provinsi sangat bangga, walaupun kami tidak dapat hadir memberikan semnagat pada para atlit,  namun kami sangat mengapresiasi prestasi telah diperoleh atlit-atlit Papua Barat dalam Kejurnas Selam Nomor Laut di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, mereka telah berjuang dengan sekuat tenaga untuk mengharumkan nama baik Papua Barat dikancah nasional ". ungkapnya.

Selain itu dirinya menambahkan, dalam kejuaraan selam ini, POSSI Papua Barat menurunkan sebanyak 10 orang atlit, antara lain 4 orang atlit Finswimming dan 4 orang atlit OBA, merupakan binaan Pengprov POSSI Papua Barat dan telah mengikuti PON tahun 2016 lalu di Jawa Barat, sedangkan dua orang atlit belum meraih hasil, merupakan atlit baru bergabung pada POSSI Pengprov Papua Barat,  yaitu Salmon Mayor dan Hasdian Asiz. 

Pembinaan dan Pelatihan akan terus dilaksanakan untuk persiapan menghadapi Pra PON 2019 dan PON 2020, sehingga sangat diharapkan dukungan dari KONI Papua Barat untuk mempersiapkan atlit selam Papua Barat, karena pada PON 2020, Papua Barat akan menjadi tuan rumah untuk cabang olahraga selam, ujarnya.

Berita Terkait