FJB Teluk Bintuni Siap Ikut UKW Di Manokwari

Oleh Wawan Gunawan

20 September 2018 18:10 1773 VIew

''Katua Forum Jurnalis Bintuni Haiser Situmorang''

Bintuni, arfaknews.com - Forum Jurnalis Bintuni (FJB) menyatakan kesiapannya mengikutsertakan 10 orang anggotannya pada kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bakal diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Wartawan Indonesia (DPD PWI) Papua Barat di Kabupaten Manokwari, Tanggal, 21-22 September 2018.

Uji Kompetensi Wartawan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi setiap wartawan dan perusahaan pers guna melindungi kemerdekaan pers dan meningkatkan profesionalitas wartawan dan perusahaan pers di Indonesia.

Peningkatan kualitas profesionalitas wartawan sejalan dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers Nasional yang ditegaskan dalam Peraturan Dewan Pers No.4/XII/2017 atas perubahan pada peraturan Dewan Pers No. 1/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan.

Ketua Forum Jurnalis Bintuni Haiser Situmorang, Kamis (20/9) mengatakan, ke 10 orang Jurnalis yang akan mengikuti UKW direncanakan akan bertolak dari Bintuni ke Manokwari pada hari Kamis (20/9/2018).

Ia merincikan, ke-10 orang anggota FJB tersebut berasal dari media cetak, online, radio dan televisi yang akan mengikuti jenjang UKW yakni, sebanyak delapan orang peserta dengan jenjang UKW Muda, satu orang Madya dan satu orang Utama.

Haiser berharap semua anggotanya dapat mengikuti seluruh tahapan Uji Kompetensi dengan hasil kelulusan yang memuaskan, sehingga bisa mengantongi sertifikat standar uji kompetensi wartawan sesuai jenjang UKW yang diikuti.

''Dengan sertifikat itu, menunjukan kompetensi dan profesionalitas wartawan sekaligus sebagai modal legitimasi wartawan dan perusahaan pers dalam menunjukan hasil karya jurnalistik yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik sesuai UU Pers dan Etika Jurnalistik,'' harapnya.

Haiser mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada jajaran Pemkab Teluk Bintuni, Polres Teluk Bintuni dan sejumlah Instansi Pemerintah yang telah mendukung Forum Jurnalis Bintuni untuk mengikutsertakan ke-10 orang anggotannya pada kegiatan UKW dimaksud.

"Kami komunitas wartwan yang ada di kabupaten Teluk Bintuni mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Teluk Bintuni, Serta Polres Teluk Bintuni yang telah memberikan dukunganya, serta tak lupa pula terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh PWI Pusat dan pengurus PWI Provunsi Papua Barat,'' imbuh Haiser.

Editor : M RIZALDY


Berita Terkait