Gelar Konferda, DAP Wilayah III Doberay Permantap Kelembagaan

Oleh Charles Maniani

20 September 2018 07:01 246 VIew

''Konferensi Daerah III DAP Wilayah III Doberay di Manokwari. Foto : Charles Maniani (arfaknews.com)''

Manokwari, arfaknews- Rekonsiliasi dan pembenahan kelembagaan menjadi salah satu pembahasan penting dalam konferensi Daerah Dewan Adat Papua wilayah III Doberai. Salah satunya, merevitalisasi kelembagaan adat di wilayah III Doberay.

Ketua Panitia Konferensi DAP Wilayah III Doberay, Zakarias Horota, mengatakan penataan kembali lembaga kultural orang asli Papua, juga bertujuan menjadikan dewan adat sebagai sarana aspirasi masyarakat adat.

"Bagaimana menata suku-suku di Wilayah III Doberay, agar menyampaikan aspirasi sesuai mekanisme adat yang ada. Masyarakat adat juga bisa menyuarakan aspirasi serta berbagai persoalan yang ada,” jelasnya.

Ia juga menampik jika terjadi dualisme kepemimpinan saat ini. Pasca mangkatnya alm. Barnabas Mandacan, DAP Wilayah IIII Doberay masih dijabat sementara Jhon Warijo.

“Karena itu, terkait dengan kepemimpinan DAP wilayah III, kita akan lihat perkembangannya dalam pleno-pleno pada konferensi ini,” terangnya.

Masyarakat adat dalam cakupan DAP Wilayah III, diimbau tidak terpengaruh dengan isu dualisme karena yang ada hanya perbedaan pandangan diantara sesama anak-anak adat.

“Saya berharap melalui konferensi anak-anak adat ini dapat duduk bersama dalam mencari jalan terbaik bagi masyarakat adat papua di wilayah ini, “ ungkapnya.

Senada, Sekretaris Panitia, Sem Awom, menambahkan forum yang digelar tersebut harus mampu kembali mempersatukan dewan. Salah satunya, sebagai upaya rekonsiloasasi anak-anak adat untuk duduk bersama, membahas berbagai masalah di Wilayah III Doberay.

Kegiatan ini dihadiri perwakilan daerah di wilayah Adat Doberay, yakni, Sorong, Sorong selatan, Raja Ampat, Tambrauw, Pegunungan Arfak, Manokwari Selatan, Teluk Bintuni, Teluk Wondama dan Manokwari.

Turut hadir, Staf Ahli Gubernur, Wakil Ketua I Dewan Adat Papua, Welem Bonay, Ketua dan anggota MRPB, Ketua KNPI serta berbagai elemen masyarakat.

Berita Terkait