Jacob Komigi: Takar Keadilan dengan Iman, Jangan dengan Materi

Oleh redaksi

24 September 2018 09:12 2375 VIew

''Anggota DPR RI, Jacob Esau Komigi, saat Sosialisasi rutin 4 Konsensus Kebangsaan di Kampung Baingkete.''

Anggota DPD RI, Jacob Esau Komigi, angkat suara soal politisasi rasa keadilan di Tanah Papua menjelang
Pemilu 2019. Menurutnya rasa keadilan itu harus ditakar dengan iman, bukan dengan materi karena menyangkut
rasa dan cara pandang.

Di hadapan warga Jemaat GKI ELIM dan masyarakat Kampung Baingkete, Distrik Makbon Kabupaten Sorong, Dia menegaskan, bahwa keadilan itu tidak semata soal pembangunan fisik, atau soal berapa rupiah yang digelontorkan pemerintah ke kampung-kampung, namun bagaimana kita menyukuri, menyikapi dengan bijak dan terus diperjuangkan.

“Jangan suka bicara perjuangkan keadilan untuk masyarakat dengan mengesampingkan realitas yang sudah terbangun, itu kita tidak bersyukur. Terima dan nikmati yang ada dengan rasa suka cita dan terus perjuangkan kehidupan yang lebih baik lagi dengan cara yang bijak," jelasnya usai menggelar Sosialisasi rutin 4 Konsensus Kebangsaan di Kampung Baingkete, tanggal 10 September 2018 lalu.

Memperjuangkan keadilan itu adalah konstitusional, karena sudah diamanatkan oleh sila ke-5 Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Namun kita masih ada sila kedua yang menuntun kemanusiaan kita untuk terus berlaku adil dan beradab.

“Jangan sampai kebencian atau ketidaksukaan kita dengan sebagian yang lain kemudian berlaku tidak adil dalam memperjuangkan keadilan. Menurut saya itulah adabnya”, terangnya.

 

 


Berita Terkait