Gempa 5,3 SR Guncang Sorong Selatan Terasa Hingga Manokwari

Oleh Putra Aryanto

26 September 2018 07:01 448 VIew

''Lokasi Gempabupmi di Sorong Selatan, Papua Barat''

Manokwari arfaknews.com - Warga Manokwari dibuat keget oleh gempa berkekuatan 5,3 SR terjadi sekitar pukul 16.27.46 WIB atau sekitar pukul 18.30 WIT, terjadi di wilayah Kabupaten Sorong Selatan dengan kedalaman 20 Km, dimana pusat gempa berasal dari koordinat 0,91 LS dan 133,09 BT, tepatnya berlokasi didarat berjarak 77 Km arah timur laut Kota Teminabuan, Sorong Selatan, Papua Barat, Rabu (26/09).

Dalam siaran pers diterima arfaknews.com dari BMKG,episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal, diduga kuat gempa ini akibat aktivitas Sesar Sorong,

Dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan, gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan mendatar mengiri (sinistral strike-slip fault).

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Ransiki I-II SIG-BMKG (II-III MMI), Sorong dan Manokwari I SIG-BMKG (I-II MMI).

Hingga saat ini belum ada laporan adayany dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). namun bagi masyarakat yang merasakan gempa, dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

 

Editor : Takdir 

Berita Terkait